Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Palembang Komitmen Jaga Stabilitas Harga dan Suplai Bahan Pokok

Pemerintah Kota Palembang memastikan harga dan pasokan bahan pokok di kota itu dalam kondisi aman menjelang Ramadhan 1440 H.
Pasar Tradisional. /Antara
Pasar Tradisional. /Antara

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang memastikan harga dan pasokan bahan pokok di kota itu dalam kondisi aman menjelang Ramadhan 1440 H.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Hardayani mengatakan, pihaknya telah memantau secara rutin pergerakan harga maupun suplai kebutuhan pokok.

“Untuk harga memang ada kenaikan di beberapa komoditas namun masih tergolong wajar sekitar 10%,” katanya, Jumat (26/4/2019).

Dia mengemukakan pihaknya sudah melakukan pemantauan di lima titik pasar tradisional, yakni Pasar Cinde, Pasar 16 Illir, Pasar KM5, Pasar Lemabang, dan Pasar Soak Batu.

Hardayani memaparkan untuk harga daging ayam ras, misalnya senilai Rp35.000 per kg dari semua Rp28.000 per kg, sementara daging sapi masih senilai Rp120.000 per kg, dan telur naik menjadi Rp23.000 per kg dari sebelumnya Rp19.000 per kg.

Dia melanjutkan lonjakan harga yang signifikan sempat terjadi untuk komoditas bawang putih, di mana pernah menyentuh Rp52.000 per kg.

Namun demikian, kata dia, setelah adanya operasi pasar dari pemerintah pusat dan provinsi harga bawang putih berhasil ditekan dan stabil di angka Rp30.000 per kg.

Pedagang sembako di Pasar KM 5 Palembang, Zailani, mengatakan pihaknya telah menjual harga bawang putih Rp30.000 per kg.

“Sudah seminggu kemarin harga bawang putih naik, bahkan Senin kemarin capai Rp52.000 per kg. Kami berharap agar pemerintah terus membantu suplai bawang seperti ini sebab untuk bawang kita benar-benar sering terkendala dengan stok,” katanya.

Dia mengatakan, pada saat operasi pasar berlangsung, ia mengambil sebanyak 2 karung bawang putih dimana masing-masing karung terdiri dari 20 kg.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustida mengatakan harga masih stabil dan ada juga beberapa mengalami kenaikan seperti harga bawang dan cabai mengingat pengaruh cuaca juga.

“Nanti Dinas perdagangan akan saya intruksikan untuk memonitor masalah harga-harga sembako menjelang bulan puasa yang sudah satu minggu lagi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper