Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

16 Petugas Pemilu di Riau Kemalangan, Empat Orang Meninggal

Sejak digelarnya pemungutan suara pemilu legislatif dan pilpres pada 17 April 2019 lalu, tercatat sebanyak 16 petugas pemungutan suara di TPS dan kecamatan di Provinsi Riau mengalami kemalangan.
Ilustrasi penghitungan suara Pemilu 2019./Reuters-Willy Kurniawan
Ilustrasi penghitungan suara Pemilu 2019./Reuters-Willy Kurniawan

Bisnis.com, PEKANBARU – Sejak digelarnya pemungutan suara pemilu legislatif dan pilpres pada 17 April 2019 lalu, tercatat sebanyak 16 petugas pemungutan suara di TPS dan kecamatan di Provinsi Riau mengalami kemalangan. Empat orang di antaranya meninggal dunia.

Anggota KPU Riau Divisi SDM Nugroho Noto Susanto mengatakan data PPS dan PPK yang mengalami kemalangan ini, didapatkan pihaknya dari laporan seluruh KPU kabupaten dan kota, untuk kemudian dilaporkan ke KPU pusat.

"Kami mendata [petugas pemilu yang mengalami kemalangan ini] untuk disampaikan juga ke KPU RI. Ada yang meninggal, stroke, pingsan, dan keguguran," ujarnya pada Minggu (21/4/2019).

Berikut perincian data petugas pemilu di Provinsi Riau yang mengalami kemalangan:

Data Petugas KPU yang kemalangan saat bertugas menyelenggarakan Pemilu Serentak 2019 di Provinsi Riau. 

(Data per 21 April 2019, pukul 21.28 WIB)

  1. Suratinizar, Ketua KPPS 02 Desa Bantan Tua, Kecamatan Bantan, 

Kab. Bengkalis, meninggal kecelakaan pascatugas. 

  1. Yansen Andrys David, Ketua KPPS TPS 5 Kelurahan Bengkalis Kota kabupaten Bengkalis meninggal dunia akibat serangan jantung 
  2. Adrizon, Ketua KPPS 51 kel. Sialang Munggu, kec. Tampan.  stroke saat penghitungan suara di TPS. kota Pekanbaru
  3. Ismi Susilawati, Ketua PPK Senapelan kota Pekanbaru. Pingsan saat pleno tingkat kecamatan. 
  4. Sugiharto,  pingsan saat pleno desa gading sari kec.tapung kab.kampar, dan dirujuk ke rumah sakit Prima
  5. Erwin, PPK Kecamatan Kuala Kampar Pelalawan, pingsan saat tugas pleno. 
  6. Samaun, anggota KPPS 38 Desa Perawang Barat, Kec. Tualang, Siak, sakit diserang stroke. Saat ini dirawat di Rumah Sakit Eka Hospital Pekanbaru.
  7. Umi Kulsum, Ketua KPPS 1 Desa Tasik Seminai Kec Koto Gasib Siak. Pulang dari TPS, terjatuh bersama sepeda motor. Saat ini dirawat di Rumah Sakit Pangkalan Kerinci Pelalawan.
  8. Awaludin, Sekretaris PPS di Kecamatan Langgam Pelalawan jatuh di kamar mandi saat istirahat salat, sempat kehilangan penglihatan, sudah keluar RS dan penglihatan sudah normal.
  9. Annisa Sholehati, PPK Kec. Kuok pingsan saat pelaksanaan pleno dan langsung dibawa ke puskesmas terdekat.
  10. Rani Hariani, anggota KPPS di TPS 1 Desa Terbangiang Kec. Bandar Petalangan Pelalawan kelelahan akibat bekerja 24 jam tanpa istirahat sama sekali. Saat ini dirawat di Puskesmas pembantu di Terbangiang.
  11. Bakhtiar anggota KPPS TPS 1 desa terbangiang Kec. Bandar Petalangan Pelalawan kelelahan akibat bekerja 24 jam tanpa istirahat sama sekali. Saat ini dirawat di Puskesmas pembantu di desa Terbangiang
  12. Ali Akbar, anggota KPPS TPS 1 Desa Permai Kecamatan Rangsang Barat Kepulauan Meranti,  linglung (takut ketemu dengan polisi dan orang lain) setelah menyelesaikan penghitungan suara sampai jam 5 subuh.
  13. Umar Banu, Ketua KPPS 16 Kelurahan Simpang Kanan Kec. Simpang Kanan Rokan Hilir meninggal dunia.     
  14. Patma Areta, anggota KPPS 17 Desa Pematang Tebih, Kec. Ujung Batu , mengalami rohul (keguguran) anak pertama dan sekarang dah pulang ke rumah dari RS menunggu jadwal kuret.
  15. Ema, anggota KPPS 1 Desa Bedeng Sikuran Kecamatan Inuman, Kab. Kuantan Singingi, meninggal akibat kecelakaan saat pulang dari menjalankan tugas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper