Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Riau Kepri Perkuat Sistem Listrik 150 kV, Jamin Kelancaran Tahapan Pemilu

Cuaca ektrem yang terjadi sesuai laporan BMKG dalam beberapa pekan terakhir dan malam hari kemarin, membuat keandalan sistem kelistrikan tegangan 150 kV di Pekanbaru terganggu.
Ilustrasi/ANTARA-Basri Marzuki
Ilustrasi/ANTARA-Basri Marzuki

Bisnis.com, PEKANBARU -- Cuaca ektrem yang terjadi sesuai laporan BMKG dalam beberapa pekan terakhir dan malam hari kemarin, membuat keandalan sistem kelistrikan tegangan 150 kV di Pekanbaru terganggu

Gangguan dimulai pada pukul 18.39 WIB, sambaran petir yang kuat berdampak pada sistem kelistrikan. Aliran listrik di Pekanbaru mengalami gangguan, sebagian listrik di wilayah  Dumai hingga Pekanbaru padam.

Upaya penormalan dilakukan PLN secara bertahap, tepat pukul 20:33 WIB listrik dapat dinormalkan kembali.

Irwansyah selaku General Manajer PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri dalam keterangan resminya menjelaskan sejauh ini upaya memperkuat sistem kelistrikan di Riau sedang dilakukan.

"Saat ini kebutuhan listrik di  Pekanbaru masih disuplai dari PLTU Tenayan 150 MW, PLTG Balai Pungut 175 MW, PLTG Teluk Lembu 240 MW, PLTA Kotopanjang 120 MW, dan transfer 200 - 250 MW melalui  Payakumbuh - Koto Panjang - Garuda Sakti," kata Irwansyah, Sabtu (20/4/2019).
 
Irwansyah mengatakan, ke depan dari sisi daya untuk mem-back up kebutuhan listrik di Kota Pekanbaru, pihaknya sedang on progress membangun PLTG IPP Riau Peaker 250 MW dan PLTG CNG 250 MW, yang lokasinya di sekitaran Pekanbaru.

Sedangkan dari sisi penguatan sistem 150 kV sedang dalam pembangunan transmisi 150 kV Rengat - Kerinci,  transmisi 275 kV Payakumbuh - New Garuda Sakti- Perawang dan transmisi 500 kV Muara Enim- New Aur Duri- Peranap - Perawang.

Irwansyah berharap dengan dibangunnya pembangkit listrik guna penambahan daya dan penguatan sistem pada transmisi,  kedepan sistem kelistrikan di Pekanbaru lebih handal.

Ditambahkan Irwansyah, untuk lokasi vital saat ini, seperti di KPU/KPUD sudah di-back up dengan  genset PLN dan disiapkan juga petugas PLN untuk menjaga keandalan listrik, sehingga proses rangkaian pemilu dapat  berjalan dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper