KPU Riau Temukan Salah Input Data di Dua TPS

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau menemukan kesalahan atau error input data hasil pemilu di dua tempat pemungutan suara, yaitu di Pelalawan dan Dumai.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 19 April 2019  |  19:20 WIB
KPU Riau Temukan Salah Input Data di Dua TPS
Ilustrasi TPS - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, PEKANBARU -- Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau menemukan kesalahan atau error input data hasil pemilu di dua tempat pemungutan suara, yaitu di Pelalawan dan Dumai.

Anggota KPU Prov Riau Divisi Sosialisasi, Nugroho Notosusanto mengatakan pihaknya sudah memerintahkan KPU Pelalawan untuk memeriksa hal tersebut.
 
"Saya sudah perintah KPU Pelalawan untuk cek. Sebelumnya di Dumai saya juga sudah perintahkan untuk dicek. Kembalikan pada data yang benar, sesuai data C1," katanya Jumat (19/4/2019).
 
Di TPS Pelalawan misalnya, tepatnya di TPS 28, Kelurahan Pangkalan Kerinci Kota, Kecamatan Pangkalan Kerinci, hasil suara pasangan nomor urut 01 sebanyak 50 suara sedangkan pasangan nomor urut 02 sebanyak 150 suara.
Di aplikasi resmi KPU tercatat hasil suara 01 sebanyak 50 dan suara 02 sebanyak 51. Saat ini sudah dilakukan perbaikan data atas kesalahan input tersebut.
 
Dia menjelaskan di Kabupaten Pelalawan ada 942 TPS, sedangkan di Dumai ada 841 TPS. Untuk seluruh Provinsi Riau ada 17.643 TPS. Dari sejumlah TPS itu, pihaknya menemukan error di dua TPS.
 
Petugas yang melakukan input data ini, menurut Nugroho yaitu di tiap kabupaten kota ada 25 orang, dibagi ke zona kecamatan. 
 
"Mengingat banyaknya data yang diinput, dengan angka ribuan, dan waktu yang singkat, serta sistem manual, maka satu satu andalan adalah ketangkasan mata dalam melihat angka di C1 dan di komputer. Kelelahan menjadi sesuatu yang tak terhindarkan," katanya.
 
Meski terjadi error, pihaknya mengklaim masyarakat bisa dengan mudah mendeteksi karena publik memiliki C1, dan rekapitulasi di tiap tingkat dilakukan secara manual.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kpu, riau, Pemilu 2019

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top