Pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa di Aceh Ikut Mencoblos

Ada dua TPS yang didirikan dilingkungan RSJ Aceh, selain digunakan pasien RSJ, masyarakat setempat juga mencoblos di sana.
Abdul Hadi Firsawan | 17 April 2019 15:10 WIB
Masyarakat menggunakan hak pilihnya di TPS di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Aceh, Kota Banda Aceh, pada Rabu (17/4 - 2019). Pada Pemilu 2019, sebanyak tiga pasien ODGJ di RSJ Aceh menggunakan hak pilihnya.

Bisnis.com, BANDA ACEH – Sebanyak tiga pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Aceh ikut mencoblos di Tempat Pemungutan Suara yang berada dilingkungan RSJ Aceh, Banda Aceh, pada Rabu (17/4/2019).

Ada dua TPS yang didirikan dilingkungan RSJ Aceh, selain digunakan pasien RSJ, masyarakat setempat juga mencoblos di sana.

Direktur RSJ Aceh dr. Makhrozal mengatakan, ketiga pasien ODGJ tersebut sudah terdaftar sebagai pemilih dan memiliki KTP dengan alamat Kota Banda Aceh. Sebulan yang lalu, Komisi Independen Pemilihan Kota Banda Aceh sudah melakukan sosialisasi Pemilu 2019 kepada pasien ODGJ agar memahami tahapan dan cara coblos.

"Mereka secara kejiwaan sudah mampu untuk mencoblos pada hari ini. Petugas kita hanya melakukan pendampingan sampai pada pendaftaran, tahapan selanjutnya pasien lakukan sendiri. Mereka mencoblos sendiri," ujar dr. Makhrozal di sela-sela pemungutan suara di lingkungan RSJ Aceh.

Data pasien ODGJ di RSJ Aceh berubah-ubah. Data bulan lalu, kata dr. Makhrozal, ada sebanyak 38 pasien yang bisa mencoblos. Seiring waktu, belasan pasien dinyatakan sembuh dan dikembalikan kepada keluarga. Mereka yang sembuh akan memilih di tempat domisili.

Pada Pemilu 2019 ini, terdapat dua TPS dilingkungan RSJ Aceh yang berada di Desa Bandar Baru, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, dengan total pemilih berjumlah 223 pemilih.

Pantauan Bisnis di lapangan, pemilih di TPS RSJ Aceh mulai berdatangan sejak pagi. Masyarakat biasa datang ke sana bersama keluarga maupun sendiri, sedangkan pasien ODGJ didampingi tim kesehatan dan membawa surat keterangan untuk memilih.

Secara keseluruhan di Aceh, terdapat sebanyak 3.523.774 orang pemilih yang terdiri atas 1.734.674 pemilih laki-laki dan 1.789.100 pemilih perempuan. Dari total pemilih di Aceh, sebanyak 11.601 orang diantaranya merupakan disabilitas.(K33)

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pilpres 2019

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup