KPU Riau Catat 4.955 Penyandang Disabilitas Terdaftar di DPT

KPU Provinsi Riau mencatat ada sebanyak 4.955 penyandang disabilitas telah terdaftar sebagai pemilih di pemilu tahun ini.
Arif Gunawan | 16 April 2019 17:46 WIB
Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) memeriksa kelengkapan kotak suara Pemilu - ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Bisnis.com, PEKANBARU -- KPU Provinsi Riau mencatat ada sebanyak 4.955 penyandang disabilitas telah terdaftar sebagai pemilih di pemilu tahun ini.
 
Ketua KPU Riau Ilham M. Yasir mengatakan pemilih dengan keterbatasan itu terdiri dari beberapa jenis.
 
"Untuk tuna daksa sebanyak 1.292 pemilih, tuna netra sebanyak 832 pemilih, tuna rungu dan tuna wicara sebanyak 1.146 pemilih, serta tuna grahita sebanyak 888 pemilih. Sisanya penyandang disabilitas lain sebanyak 837 pemilih," katanya Selasa (16/4/2019).
 
Jumlah pemilih disabilitas ini, tersebar di seluruh kabupaten dan kota Provinsi Riau.
 
Dia menjelaskan untuk pemilih tuna netra, KPU telah menyiapkan surat suara khusus, yang dilengkapi dengan huruf braille sehingga bisa memudahkan untuk pemilih itu memberikan hak suaranya.
 
Selama proses memilih, para penyandang disabilitas mendapatkan pendampingan dari petugas di TPS. Meski demikian petugas tidak diizinkan memberikan arahan atau menggiring pemilih untuk mencoblos calon tertentu.
 
Adapun jumlah pemilih di Provinsi Riau yang telah masuk dalam daftar pemilih tetap hasil perbaikan ketiga yaitu 3.863.305 orang.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
riau, Pemilu 2019, Pilpres 2019

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup