Sumsel akan Bangun 10 Gedung Oleh Raga dari Dana Sosial PTBA

Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan berencana membangun 10 gedung olahraga di sejumlah kabupaten/kota dengan memanfaatkan bantuan dana corporate social responsibility atau CSR PT Bukit Asam (PTBA).
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 16 April 2019  |  16:44 WIB

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan berencana membangun 10 gedung olahraga di sejumlah kabupaten/kota dengan memanfaatkan bantuan dana corporate social responsibility atau CSR PT Bukit Asam (Persero) Tbk atau PTBA.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan dana CSR dari perusahaan yang beroperasi di Tanjung Enim itu juga akan dimanfaatkan untuk keperluan lain, seperti pengadaan alat pemadam kebakaran dan pembangunan IGD di Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palembang.

“Pembangunan ini  kita gunakan semaksimal mungkin untuk memeratakan pembangunan di daerah. Terutama salah satu pilarnya untuk  fasilitas olahraga supaya memperkuat olahraga di daerah,” katanya, Selasa (16/4/2019).

Sebelumnya, Asisten II Setda Sumsel  Yohanes H. Toruan  mengatakan pemprov telah melakukan penandatanganan MoU dengan PTBA terkait bantuan CSR dari produsen tambang pelat merah tersebut.

Yohanes menjelaskan semula dana yang digelontorkan perseroan untuk pembangunan Convention Hall di Jakabaring Sport City (JSC), namun menjelang Asian Games belum terlaksana. Adapun  total dana yang ada mencapai Rp128 miliar.

Rencananya, kata dia, untuk  pemabayarannya akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan pembangunan gedung olahraga di 10 Kabupaten/Kota.

“Jadi ini nanti kita awasi sesuai arahan gubernur Sumsel supaya betul-betul diawasi mutunya maupun kuantitas dari pekerjaan itu sesuai dengan kesepakatan,” katanya.

Dia mengemukakan nantinya, pihak kabupaten/kota yang akan mempertanggungjawabkan pelaksanaannya. Sedangkan provinsi nanti bersama-sama PTBA bertugas mengevaluasi dan menilai sehingga uangnya bisa dicairkan. 

“Untuk pembangunannya sendiri sesegera mungkin, nanti setelah ini kita panggil kabupaten/kota untuk melakukan rapat koordinasi dan diberikan pengarahan,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sumsel, bukit asam

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top