Industri Kreatif di Palembang Tumbuh Pesat

Industri kreatif di Kota Palembang dinilai semakin berkembang seiring maraknya pagelaran kegiatan atau event skala nasional maupun internasional yang berlangsung di kota itu.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 09 April 2019  |  16:48 WIB
Industri Kreatif di Palembang Tumbuh Pesat
VP Consumer Solutions LOKET, Rama Adrian (tengah) bersama Marketing Manager Loket.com, Jojo Trijoko (kanan) saat roadshow di Palembang. - Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, PALEMBANG – Industri kreatif di Kota Palembang dinilai semakin berkembang seiring maraknya pagelaran kegiatan atau event skala nasional maupun internasional yang berlangsung di kota itu.

Penilaian tersebut muncul dari analisa LOKET, perusahaan penyedia sistem teknologi event dan hiburan, terkait pertumbuhan gelaran event di Palembang yang memanfaatkan teknologi dari platform Loket.com tersebut.

VP Consumer Solutions LOKET, Rama Adrian, mengatkan pihaknya mencatat pertumbuhan event di Palembang yang bekerja sama dengan Loket.com meningkat hingga 220% sejak pertengahan 2018.

“Ini berdasarkan data internal kami, terjadi pertumbuhan yang signifikan untuk gelaran event terutama pada Februari, Agustus dan Oktober,” katanya saat acara LOKET roadshow 2019 di Palembang, Selasa (9/4/2019).

Rama melanjutkan tidak hanya event berskala besar, pihanya menganalisa Palembang memiliki potensi pertumbuhan event di semua skala, termasuk kategori workshop yang mengalami peningkatan hampir 40%, kategori festival general hampir 32% dan kategori festival musik sekitar 11%.

Dia mengemukakan merujuk pada data tersebut maka terlihat karakter masyarakat Palembang. Selain itu, kata Rama, data tersebut menunjukkan tidak hanya semakin banyak komunitas dan inividu kreatif baru yang tumbuh, tetapi gelaran event-event tersebut juga memberikan dampak lanjutan bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Palembang.

“Karena event adalah salah satu pilar industri kreatif yang ujung-ujungnya bisa berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi suatu wilayah. Semakin banyak event yang digelar berarti juga mendorong peningkatan jumlah wisatawan dan pengunjung ke Kota Palembang,” jelasnya.

Menurut Rama, platform Loket.com yang dikembangkan pihaknya merupakan bentuk dukungan terhadap industri kreatif Tanah Air, termasuk di Palembang.

Dia menjelaskan melalui platform website itu pihaknya menawarkan kemudahan bagi pencipta event dalam mengelola kegiatannya.

“Kami percaya bahwa teknologi adalah milik semua kalangan dan siapapun bias mendapatkan pengalaman mengelola event terbaik lewat teknologi tanpa memandang skala event dan daerah penyelenggaraannya,” katanya.

Marketing Manager Loket.com, Jojo Trijoko, mengatakan Loket.com merupakan platform yang mengandalkan layanan mandiri (self service).

Dia menjelaskan pada fitur-fitur self-service seluruh proses, baik bagi pengelola maupun pengunjung, dibuat secara sistematis mulai dari pendaftaran event, pilihan sistem pembayaran yang beragam, hingga sistem registrasi dan check-in pengunjung berbasis online.

“Dengan demikian proses pengelolaan event yang biasanya dilakukan secara manual (pendaftaran, pembayaran, check in), bisa dilakukan diplatform kami. Intinya kami ingin memudahkan event creator maupun pembeli lewat teknologi ini,” ujarnya.

Diketahui, LOKET mengklaim telah mendukung lebih dari 4.000 event creator dengan penyelenggaraan sebanyak 5.000 event di seluruh Indonesia. Perusahaan pionir di bidang industri teknologi event dan entertainment itu telah diakuisisi GOJEK pada Agustus 2017.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
palembang

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top