Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumsel Bagikan Beras Buat ASN pada April 2019

Pemprov Sumatra Selatan memastikan penyaluran beras bagi aparatur sipil negara atau ASN di lingkungan pemprov bakal dimulai pada April 2019.
Pekerja mengangkat karung isi beras/ANTARA-Abriawan Abhe
Pekerja mengangkat karung isi beras/ANTARA-Abriawan Abhe

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemprov Sumatra Selatan memastikan penyaluran beras bagi aparatur sipil negara atau ASN di lingkungan pemprov bakal dimulai pada April 2019.
 
Sekretaris Daerah Sumsel Nasrun Umar mengatakan nantinya penyaluran beras tersebut bakal dirapel selama empat bulan.
 
“Nantinya akan dirapel empat bulan mulai bulan Januari hingga April. Masing-masing untuk ASN (suami dan istri sama-sama ASN Pemprov Sumsel) 30 kg, kemudian untuk ASN (suami/istri saja) 20 kg, serta ASN lajang 10 kg,” katanya, Kamis (28/3/2019).
 
Beras-beras dari hasil pengadaan Perum Bulog Divre Sumsel-Babel akan disalurkan ke semua organisasi perangkat daerah (OPD) melalui koperasi yang telah ditunjuk. Mengenai penyalurannya beras insentif ini akan dibagikan berbarengan dengan tunjangan prestasi pegawai  (TPP) setiap bulan.
 
"Sesuai Keputusan Gubernur, kita akan mulai bulan April dan penyalurannya akan  sesuai TPP per bulan. Bukan juga yang premium, kita minta pada Bulog beras ini yang layak dikonsumsi," jelas Nasrun.
 
Menurut Nasrun terobosan gubernur Sumsel tersebut merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kesejahteraan ASN.
 
“Ini terobosan luar biasa dan memang sesungguhnya pemimpin itu salah satu fungsinya adalah bagaimana dia bias mensejahterakan maayarakatnya termasuk ASN,” ujarnya.
 
Sejauh ini jelas Nasrun persiapan pengaluran terus dilakukan di antaranya MoU antara Pemprov Sumsel dengan Bulog, serta MoU Bulog dengan 53 OPD yang ada di lingkungan Pemprov Sumsel. Termasuk finalisasi data jumlah PNS dan CPNS yang akan mendapatkan insentif beras tersebut.
 
Sebelumnya gagasan memberikan insentif beras kepada ASN Pemprov ini memang menjadi atensi utama dari Gubernur Sumsel Herman Deru sejak awal ia dilantik 1 Oktober 2018.
 
Menurutnya pemberian beras ini bukan semata-mata untuk membantu para PNS tapi juga untuk menjaga semangat para petani.
 
Harapannya dengan semakin banyak beras yang diserap bulog dari petani di Sumsel, akan berdampak pada peningkatan pendapatan para petani. Sehingga mereka akan makin bergairah menggarap sawah-sawah mereka.
 
“Kita harus menjaga semangat para petani. Dan ini sudah pernah saya terapkan di OKU Timur dan berhasil. Keberpihakan pada petani ini akan terus saya lakukan sampai kapanpun. Itu komitmen saya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper