Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Lima Destinasi Wisata Yang Layak Dikunjungi di Sabang

Pulau Sabang menyimpan pesona alam yang indah. Ada banyak spot menarik yang layak Anda kunjungi selama di Sabang, namun usahakan Anda tidak melewatkan lima destinasi ini.
Wisatawan melakukan snorkeling di perairan Pulau Rubiah, Sabang, Pulau Weh, Aceh./Antara
Wisatawan melakukan snorkeling di perairan Pulau Rubiah, Sabang, Pulau Weh, Aceh./Antara

Bisnis.com, BANDA ACEH - Pulau Sabang menyimpan pesona alam yang indah. Daya tarik pantai dan alam bawah lautnya membuat Sabang menjadi incaran wisatawan dunia. Ada banyak spot menarik yang layak Anda kunjungi selama di Sabang, namun usahakan Anda tidak melewatkan lima destinasi ini.

1. Tugu Kilometer Nol

Berada di ujung barat Indonesia, sudah menjadi agenda wajib para wisatawan untuk mengunjungi tugu kilometer nol. Tugu ini berada di atas perbukitan di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya. Perjalanan menuju lokasi ini dari Pelabuhan Balohan memakan waktu sekitar 60 menit berkendara. Selama di jalan, Anda akan melewati hutan dan pantai.

Sebuah gapura bertuliskan Kawasan Wisata KM 0 menandakan Anda sudah hampir sampai di tugu kilometer nol. Tugu ini telah mengalami beberapa kali renovasi . Tugu ini memiliki tinggi mencapai 43,6 m dari atas permukaan laut. Desain tugu yang berbentuk angka nol serta memiliki empat pilar penyangga juga memiliki filosofi tersendiri.

Pengalaman Anda akan menjadi lebih baik jika mengunjungi tugu ini pada sore hari. Selain berswafoto di tugu, Anda juga dapat menikmati keindahan panorama matahari terbenam. Letak tugu yang berjarak cukup dekat dari laut lepas akan memberi ruang tersendiri untuk Anda nikmati.

2. Pantai Teupin Layeu

Pantai ini lebih terkenal dengan sebutan Pantai Iboih, karena lokasinya yang berada di Desa Iboih. Sejak Sabang dikenal karena pesona lautnya, pantai ini sudah ramai dikunjungi wisatawan, khususnya turis asing. Sebagai salah satu destinasi favorit, Pantai Iboih memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap, mulai dari toilet, cafe, penginapan, hingga warung.

Berkunjung ke Pantai Iboih dijamin tidak akan membuat Anda kecewa. Pantai pasir putih berpadu laut biru yang bersih membuat keinginan Anda untuk berenang membuncah. Di pantai ini Anda bisa melakukan snorkling, berenang seraya melihat aneka ikan warna-warni.

Pantai Iboih mempunyai lokasi yang strategis karena berdekatan dengan destinasi wisata lainnya, seperti Tugu Kilometer Nol yang hanya berjarak sekitar 16 menit berkendara.

3. Pulau Rubiah

Pulau Rubiah yang dikenal dengan pesona bawah lautnya yang indah, berada tepat di depan Pantai Iboih. Wisatawan harus menggunakan kapal kecil yang bersandar di dermaga Pantai Iboih untuk menyeberang. Pulau ini tidak besar, namun menyimpan pesona alam dan sejarah yang kuat.

Menyelam di Pulau Rubiah membawa sensasi tersendiri karena dapat berenang bersama biota laut. Terdapat banyak ikan hias kecil dan terumbu karang yang indah serta terjaga di pulau ini. Jika lelah, ada beberapa kafe dan warung di Pulau Rubiah yang menjual makanan dan minuman. Menjelang petang, Anda dapat  bersantai di atas pasir putih sambil menikmati alam. Jangan lupa untuk abadikan pemandangan indah yang Anda nikmati.

4. Pantai Sumur Tiga

Ingin menikmati pantai pasir putih dengan ombak dan panorama alam yang menyenangkan? Pantai Sumur Tiga jawabannya. Banyak wisatawan mendatangi destinasi satu ini untuk berenang di laut biru yang bersih. Sama seperti Pulau Rubiah, Pantai Sumur Tiga juga memiliki fasilitas diving dan snorkling.

Ada banyak resort dan kafe yang dibangun di sekitar pantai yang terletak di Desa Ie Meulee ini. Karena itu, tidak sedikit pula wisatawan datang ke sini hanya untuk duduk santai menikmati alam. Selain berenang, Anda juga bisa menikmati pantai ini dengan berjalan di sepanjang garis pantai.

5. Gua Sarang

Gua Sarang terletak di kaki tebing dan perbukitan hutan lindung Pulau Weh yang mengarah ke laut. Karena masuk dalam hutan lindung, suasananya pun masih cukup terjaga dan asri. Gua Sarang seperti sajian lengkap yang sulit dilewatkan.

Anda akan disuguhkan lansekap yang mengesankan dengan gugusan pulau kecil dan tebing yang berada di sekitar Gua Sarang. Air lautnya yang bersih membuat aktivitas snorkling jadi lebih menyenangkan. Selain itu, lokasi ini juga cukup instagramable.

Gua Sarang bisa dicapai dengan dua jalur, yaitu darat dan laut. Jika memilih jalur laut, Anda dapat menyewa boat di Pantai Iboih. Di jamin, spot Gua Sarang akan meninggalkan beribu kesan bagi liburan Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper