Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelestarian Sungai Musi Penting untuk Jaga Kualitas Air

Pemerintah Kota Palembang, Sumatra Selatan, berupaya meningkatkan pelestarian Sungai Musi untuk menjaga kualitas air agar tetap baik.
Rangkaian Light Rail Transit (LRT) Palembang melintas di atas Sungai Musi./Antara-Nova Wahyudi
Rangkaian Light Rail Transit (LRT) Palembang melintas di atas Sungai Musi./Antara-Nova Wahyudi

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang, Sumatra Selatan, berupaya meningkatkan pelestarian Sungai Musi untuk menjaga kualitas air agar tetap baik, mencegah punahnya sejumlah jenis ikan khas kota itu, serta meningkatkan produksi ikan.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianty Agustinda pada Kamis (28/2/2019) mengatakan sejumlah program pemkot setempat untuk melestarikan Sungai Musi, antara lain menggalakkan penebaran benih ikan dan mengimbau warga yang tinggal di daerah aliran sungai untuk mencegah pencemaran air dari limbah rumah tangga dan industri.

Sungai Musi yang membelah Kota Palembang menjadi dua bagian, yakni Seberang Ilir dan Seberang Ulu itu, perlu dijaga kelestariannya, sehingga bisa dimanfaatkan secara optimal oleh warga setempat serta mendongkrak produksi ikan.

Kebutuhan ikan oleh warga kota yang sukses menjadi tuan rumah Asian Games pada Agustus 2018 itu, sebagian masih tergantung dari sejumlah daerah terdekat, seperti Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, dan Banyuasin.

Berdasarkan data pasokan ikan ke Pasar Induk Jakabaring Palembang, belum mampu dipenuhi nelayan dan warga yang mengembangkan budi daya ikan tambak. Setiap hari sekitar 15 ton ikan didatangkan dari tiga kabupaten terdekat tersebut ke Kota Palembang.

Selain bisa meningkatkan produksi ikan untuk memenuhi kebutuhan daging hewani warga kota setempat, program pelestarian Sungai Musi perlu digalakkan untuk menjaga kualitas air sungai agar bisa tetap baik dan dapat memenuhi kebutuhan warga kota sehari-hari.

Untuk menjalankan program pelestarian sungai kebanggan warga kota itu, selain melibatkan jajaran Pemkot Palembang, pihaknya juga melibatkan warga setempat, terutama yang berada di daerah aliran sungai.

Jajaran Pemkot Palembang bersama warga pada setiap akhir pekan berupaya melakukan gotong royong menyingkirkan sampah dari sungai dan mengatasi pendangkalan anak sungai di kawasan permukiman penduduk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper