Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Gambaran Kekuatan Gempa Solok Selatan

Gempa di Solok Selatan ternyata dirasakan warga di provinsi tetangga Sumbar yang selama ini tidak pernah mengalami gempa.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Gempa di Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat, dirasakan getarannya oleh warga Provinsi Jambi. 

Warga Kabupaten Tebo Provinsi Jambi merasakan getaran gempa yang bersumber di darat pada jarak 36 kilometer arah timur laut Kota Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatra Barat pada kedalaman 10 kilometer, Kamis pagi, sekitar pukul 06.27 WIB.

"Saya merasakan gempa sekitar dua detik," kata Anda salah seorang warga Tebo ketika dihubungi dari Jambi.

Tebo menyebutkan guncangan itu terjadi sekali. Namun cukup mengagetkannya karena daerah itu selama ini jarang terjadi gempa.

"Kaget juga, dan Alhamdulillah tidak ada kerusakan di sini," kata Tebo.

Hasil pemutakhiran analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan magnitudo 5,3.

Episenter gempa terletak pada koordinat 1,4 Lintang Selatan dan 101,53 Bujur Timur.

Dijelaskan Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono di Jakarta, gempa tersebut tergolong gempa bumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake).

Hal itu didasarkan pada lokasi episenter dan kedalaman hiposenter. Gempa terjadi akibat aktivitas Zona Sesar Sumatra (Sumatera Fault Zone) pada segmen Suliti.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar mendatar (Strike-Slip).

Menurut informasi gempa dirasakan dari masyarakat. Dampak gempa bumi dirasakan di daerah Solok Selatan IV MMI, Padang III-IV MMI, Painan dan Padang Panjang II-III MMI, Payakumbuh 50 Kota II MMI, Kepahyang I MMI.

Sebelumnya juga gempa bumi magnitudo 4,8 mengguncang wilayah Solok Selatan, Sumatra Barat, pada Kamis (28/2) pukul 01.55.02 WIB, yang mengakibatkan satu rumah warga rusak di Jorong Koto Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo.

Gempa bumi itu berada di darat pada koordinat 1,59 Lintang Selatan dan 101.27 Bujur Timur, tepatnya 19 kilometer Barat Daya Kabupaten Solok Selatan, pada kedalaman 11 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper