Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wiwiek Sisto Widayat Dilantik Jadi Kepala Perwakilan BI Sumut

Wiwiek Sisto Widayat dilantik menjadi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara dan posisi tersebut efektif mulai 1 Maret 2019.
Wiwiek Sisto Widayat./Youtube
Wiwiek Sisto Widayat./Youtube

Bisnis.com, SAMOSIR – Wiwiek Sisto Widayat dilantik menjadi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumatra Utara dan posisi tersebut efektif mulai 1 Maret 2019.

Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia (BI), Senin (18/2/2019), pelantikan dilakukan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Adapun, selain Wiwiek, terdapat 17 nama lain yang dilantik untuk menduduki posisi baru di Bank Sentral.

Dalam sambutannya, Perry menyebut pihaknya terus mendorong perubahan untuk mengoptimalisasi kinerja BI yakni di bidang moneter, makroprudensial, dan sistem pembayaran. Selain itu, perombakan dilakukan agar BI turut menjaga stabilitas perekonomian di tengah tantangan global.

"Pelantikan pejabat baru di BI merupakan bagian dari transformasi organisasi dan sumber daya manusia di BI untuk memperkuat efektivitas organisasi dan pelaksanaan tugas BI," ujarnya.

Lebih lanjut, Wiwiek bukan nama baru di jajaran pejabat Bank Indonesia. Sebelumnya, pada 2018, namanya masuk ke dalam daftar calon deputi gubernur BI yang mengikuti tes kelayakan atas rekomendasi Presiden Joko Widodo.

Saat itu, Jokowi mengusulkan nama Dody Budi Waluyo, yang menjabat Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter BI; Wiwiek Sisto Hidayat, Direktur Eksekutif Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat; Doddy Zulverdi, Direktur Eksekutif Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI sebagai calon deputi gubernur BI.

Dari proses penyaringan tersebut, didapatkan Dody Budi Waluyo sebagai deputi gubernur dan Wiwiek menduduki jabatan Kepala Departemen Regional III.

Berdasarkan laman BI, Wiwiek Sisto Widayat lahir di Sukoharjo, pada 1963. Pendidikan Ekonomi jurusan Akuntansi ditempuhnya pada 1982 di Universitas Gajah Mada. Setelah itu, dia melanjutkan pendidikannya dengan meraih Gelar Master of Business Administration pada 1996 di Swinburne University of Technology Melbourne, Australia.

Pria yang tahun ini berusia 56 tahun itu mengawali kariernya di Bank Indonesia pada 1991 sebagai staf Urusan Sumber Daya Manusia, dan selanjutnya sebagai Peneliti Ekonomi Muda Senior di Urusan Statistik Ekonomi dan Moneter.

Pada 2016 Wiwiek bertugas sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper