1.802 Rumah di Sumsel Terendam Banjir

Sebanyak 1.802 rumah di Kabupaten Musi Rawas Utara atau Muratara, Sumatra Selatan, terendam banjir setelah dua sungai di daerah itu meluap.
Dinda Wulandari
Dinda Wulandari - Bisnis.com 19 Februari 2019  |  13:07 WIB
1.802 Rumah di Sumsel Terendam Banjir
Banjir di Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumsel. - Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Sebanyak 1.802 rumah di Kabupaten Musi Rawas Utara atau Muratara, Sumatra Selatan, terendam banjir setelah dua sungai di daerah itu meluap.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Muratara, Zulkifli mengatakan banjir yang melanda daerah tersebut sudah berlangsung selama empat hari ini hingga menyebabkan akses ke daerah tersebut terputus.

"Warga terpaksa mengungsi. Ada sekitar 2.572 kepala keluarga yang terkena dampak langsung," katanya, Selasa (19/2/2019).

Zulkifli memaparkan kedua sungai yang meluap tersebut yakni Sungai Rumpit dan Sungai Rawas.

Sungai Rupit dan Rawas meluap setelah diguyur hujan deras sejak beberapa hari terakhir. Luapan sungai kini telah mencapai 1-1,5 meter.

"Bahkan untuk di Desa Belani, ketinggian air tercatat mencapai 1,8 meter," ujarnya.

Dia menjelaskan naiknya air sungai ke permukiman warga itu sebagai lanjutan dari Sungai Musi yang ikut meluap. Akibatnya aliran air di kedua sungai yang bermuara ke Sungai Musi tertahan.

"Sekarang akses untuk jalur darat putus, warga harus menggunakan perahu atau sampan kalau mau beraktivitas. Khusus di daerah tepi Sungai Musi kami himbau untuk waspada," katanya.

Pihaknya memprediksi kondisi ini akan terjadi hingga satu tahun ke depan.

"Sebagian warga sudah mengungsi. Ada yang ke tempat keluarganya, namun ada juga yang tinggal di rumah karena sudah panggung," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
banjir

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top