Pasaman Barat Usulkan Peremajaan Sawit 3.516 Ha

Dinas Perkebunan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat, mengusulkan peremajaan tanaman kelapa sawit seluas 3.516 hektare pada 2019.
Newswire | 14 Februari 2019 16:58 WIB
Ilustrasi perkebunan sawit. - Antara/Septianda Perdana

Bisnis.com, SIMPANG AMPEK – Dinas Perkebunan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat, mengusulkan peremajaan tanaman kelapa sawit seluas 3.516 hektare pada 2019.

"Usulan telah kami sampaikan kepada pemerintah pusat yang programnya akan dikelola oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS)," kata Kepala Dinas Perkebunan Pasaman Barat, Edrizal di Simpang Amppek, ibu kota Pasaman Barat, pada Kamis (14/2/2019).

Menurutnya, kegiatan peremajaan ini sudah sangat mendesak karena sebagian besar kebun kelapa sawit rakyat telah berusia tua sehingga produktivitasnya rendah.

"Jika kelapa sawit sudah berumur 15 tahun lebih, diperkirakan produksi sudah di bawah 10 ton per hektare setiap tahun. Lebih baik diganti dengan bibit baru," tuturnya.

Dia mengatakan pihaknya belum memastikan berapa jumlah pastinya yang disetujui untuk peremajaan, tetapi pihaknya sudah mengusulkan sekitar 3. 516 hektare.

Berdasarkan program itu maka anggaran yang akan dibantu Rp25 juta per hektare untuk menebang, membersihkan, dan menanam ulang kelapa sawit.

"Bantuan ini diusulkan dalam bentuk kelompok atau lembaga yang resmi terdaftar. Maksimal lahan untuk peremajaan per orangnya seluas empat haktare dan satu kelompok minimal 50 hektare," lanjutnya.

Pihaknya juga akan melakukan proses verifikasi terhadap perkebunan yang akan diremajaan itu mulai verifikasi tingkat kabupaten, provinsi dan dari BPDPKS.

"Bagi yang lolos verifikasi akan mendapatkan bantuan peremajaan dan tidak tertutup kemungkinan akan dibantu bibit kelapa sawit," ujarnya.

Dia menjelaskan peremajaan kelapa sawit rakyat yang sudah berumur tua harusnya kembali diremajaan karena sudah tidak sesuai lagi hasil yang diharapkan.

"Program ini sangat bagua dengan tujuan membantu masyarakat meningkatkan penghasilan dari kelapa sawit," ujarnya.

Dia menambahkan saat ini luas perkebunan kelapa sawit Pasaman Barat mencapai 163.000 hektare, dan 107.000 hektare di antaranya merupakan kebun rakyat.

Tag : kelapa sawit, pasaman barat
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top