Pemkot Palembang Bangun Tiga Stasiun Pompa Atasi Banjir

Pemerintah Kota Palembang membangun tiga stasiun pompa untuk mengatasi masalah banjir yang kerapkali timbul di kota itu.
Dinda Wulandari | 12 Februari 2019 14:42 WIB
Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan. - Antara/Nova Wahyudi

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang membangun tiga stasiun pompa untuk mengatasi masalah banjir yang kerapkali timbul di kota itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang, Bastari Yusak, mengatakan dari tiga pompanisasi ada satu yang berada di Sungai Bendung segera selesai.

“Kalau tiga pompanisasi ini dibangun, maka kita optimistis dapat mengatasi masalah genangan air ketika sedang musim hujan,” katanya, Selasa (12/2/2019).

Bastari banjir di kawasan tersebut akan teratasi atau setidaknya banyak berkurang. Pihaknya memerkirakan pompanisasi mampu menurunkan titik banjir hingga 50%.

Untuk yang masih dalam tahap pembahasan, jelas Bastari, Pemkot juga meminta kepada perusahaan BUMN untuk membangunkan pompanisasi di kawasan Sungai Buah, Sungai Selayur dan Sekanak - Lambidaro.

Sebelumnya Walikota Palembang, Harnojoyo mengatakan, banjir disebabkan banyak faktor, seperti genangan air pasca pembangunan LRT seperti di Jalan Sudirman disebabkan adanya sumbatan ataupun penyempitan saluran air, kapasitas kolam retensi hingga curah hujan yang tinggi seperti dalam bulan ini membuat genangan tinggi apalagi tempat penampungan air memiliki keterbatasan.

“Dengan Kondisi sungai kota yang mengalami pasang, menjadi salah satu faktor dalam hal ini,” katanya.

Harno menyebutkan, pihaknya tetap aktif mengadakan program gotong royong untuk membersihkan aliran sungai yang tersumbat, yang mana kegiatan seperti ini juga dapat membantu pengurangan genangan air.

“Kami meminta peran serta masyarakat, ketika ada saluran yang terhambat hendaknya jangan hanya tunggu pemerintah, tapi aktif untuk membersihkan,” katanya.

Selain itu tambah Harno, penuntasan permasalahan banjir ini juga akan dilakukan dengan pembangunan tiga pompanisasi yang saat ini on progress. Seperti pompanisasi Sungai Bendung yang sedang dalam proses dan akan selesai di Juni tahun ini, serta Kolam Retensi Brimob.

“Untuk pembangunan pompanisasi sungai buah masih dalam tahap pembicaraan dengan PT Pusri yang akan membangun, dan ada juga untuk Daerah Aliran Sungai (DAS) restorasi Sekanak - Lambidaro yang juga akan di bangunkan pompanisasi,” katanya.

Tag : palembang
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top