Peresmian Jembatan Siak IV dan 'Flyover' Pekanbaru, Ini Daftar Tamu Terpilih

Pemprov Riau akan menggelar seremonial peresmian proyek jembatan Siak IV, serta dua flyover dengan mengundan mantan gubernur serta gubernur terpilih.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 11 Februari 2019  |  16:59 WIB
Peresmian Jembatan Siak IV dan 'Flyover' Pekanbaru, Ini Daftar Tamu Terpilih
Kementerian Pekerjaan Umum bersama tim dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) melakukan uji beban atau load test dengan cara menyusun sebanyak 24 unit mobil damtruk bermuatan pasir di jembatan Siak IV Pekanbaru, Riau, Jumat (8/2/2019). Uji beban ini dilakukan untuk membuktikan bahwa tingkat keamanan bagian struktur sudah memenuhi persyaratan peraturan bangunan yang ada sebelum jembatan tersebut resmi dioperasikan. - Antara/Rony Muharrman

Bisnis.com, PEKANBARU – Pemprov Riau akan menggelar seremonial peresmian proyek jembatan Siak IV, serta dua flyover dengan mengundan mantan gubernur serta gubernur terpilih.

Kepala Dinas PUPR Riau Dadang Eko Purwanto mengatakan persiapan peresmian sudah dilakukan pihaknya. Untuk prasasti peresmian akan ditandatangani oleh gubernur saat ini, Wan Thamrin Hasyim.

“Sudah disiapkan tiga prasasti untuk peresmian jembatan Siak IV, dan flyover simpang Arengka serta simapang SKA, nanti akan ditandatangani gubernur Pak Wan. Kami juga mengundang Pak Andi dan Pak Syamsuar,” katanya Senin (11/2/2019).

Dia menjelaskan untuk jembatan Siak IV setelah diresmikan nantinya, belum dapat digunakan masyarakat umum, karena masih menunggu hasil uji beban yang sudah dikirim ke Kemen PUPR pusat, untuk dikeluarkan izin operasional jembatan tersebut.

Sedangkan kedua flyover yang dibangun pemprov, sudah dapat beroperasi penuh, tinggal menunggu kajian dan pengaturan lalu lintas oleh dinas perhubungan setempat.

Menurut data pemprov, untuk proyek lanjutan pembangunan jembatan Siak IV di APBD Riau 2018 mencapai Rp107 miliar, sedangkan untuk dua flyover dengan anggaran total sekitar Rp240 miliar.

Adapun Andi Rachman merupakan mantan gubernur Riau yang menjabat awalnya sebagai wakil gubernur Riau bersama Annas Maamun. Lalu ditunjuk sebagai Plt gubernur setelah kasus korupsi Annas, dan menjabat gubernur sampai 2018 karena mundur untuk ikut pada pemilu legislatif 2019. 

Saat menjabat sebagai gubernur, Andi Rachman menunjuk pasangannya Wan Thamrin Hasyim sebagai wakil gubernur dan resmi dilantik sejak 12 Mei 2017, kemudian dilantik sebagai gubernur definitif pada 10 Desember 2018 oleh Presiden Jokowi, untuk masa jabatan hingga 18 Februari 2019.

Sementara itu Syamsuar saat ini masih berstatus sebagai Bupati Siak dua periode, dan terpilih sebagai Gubernur Riau masa jabatan 2019-2024 setelah menang di pilkada Riau Juni 2018 lalu bersama pasangan Wakil Gubernur terpilih Edy Nasution.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
riau, jembatan, proyek infrastruktur

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top