Riau Minta Siak, Kampar, dan Rohul Ajukan Nama Wakil Bupati

Pemprov Riau meminta kepada tiga pemda kabupaten yaitu Siak, Kampar, dan Rokan Hulu untuk segera mengajukan nama calon wakil bupati pendamping.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 07 Februari 2019  |  17:21 WIB
Riau Minta Siak, Kampar, dan Rohul Ajukan Nama Wakil Bupati
Kantor Gubernur Riau - Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU -- Pemprov Riau meminta kepada tiga pemda kabupaten yaitu Siak, Kampar, dan Rokan Hulu untuk segera mengajukan nama calon wakil bupati pendamping.

Kepala Biro Tata Pemerintahan Setdaprov Riau Sudarman mengatakan tiga daerah yang diminta mengajukan itu karena kepala daerahnya tidak lagi menjabat. Siak bupatinya terpilih sebagai gubernur, Kampar bupatinya wafat, Rokan Hulu bupatinya tersangkut masalah korupsi.
 
"Kami meminta plt bupati untuk segera mengajukan nama calon wakil bupati, prosesnya sama dimulai dari pengajuan oleh parpol pengusung ke DPRD setempat," kata Sudarman, Kamis (7/2/2019).

Setelah proses pengajuan selesai melalui rapat paripurna, dilanjutkan dengan pengajuan nama kepada pemprov Riau.
 
Lalu pemprov akan meneruskan nama calon wakil bupati hasil rekomendasi DPRD kabupaten tersebut, kepada Kemendagri, untuk dilakukan pelantikan.
 
Sudarman menjelaskan proses itu sama di setiap kabupaten dan kota, tergantung keaktifan dari parpol pengusung untuk menjalankannya.
 
"Kami sifatnya hanya mengingatkan. Bupati Rohul dan partai pengusung misalnya sudah kami sampaikan untuk pengajuan nama calon wakil bupatinya. Begitu pula kini Siak dan Kampar," kata Sudarman.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
riau

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top