Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dongkrak Pariwisata, Pelari Internasional Ikuti BRI Mandeh Run 2019

BRI menggelar event pariwisata BRI Mandeh Run 2019 di kawasan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat sebagai upaya promosi dan menarik minat wisatawan untuk datang ke daerah itu.
Kawasan Wisata Mandeh/Antara
Kawasan Wisata Mandeh/Antara

Bisnis.com,  PADANG—BRI menggelar event pariwisata BRI Mandeh Run 2019 di kawasan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat sebagai upaya promosi dan menarik minat wisatawan untuk datang ke daerah itu.

Komisaris Utama BRI Andrinof Chaniago mengatakan ajang lari internasional tersebut bertujuan untuk mengenalkan pesona wisata bahari Mandeh kepada masyarakat dunia.

“Supaya pariwisata Sumbar ini, khususnya Mandeh ini dikenal luas juga oleh masyarakat dunia,” katanya, Rabu (6/2/2019).

Dia mengatakan sekitar 2.000 orang pelari akan ambil bagian dalam event BRI Mandeh Run 2019 yang akan digelar pada 3 Maret 2019 itu.

Dari jumlah itu sebanyak 78 pelari adalah pelari internasional dari berbagai negara, Kenya, Nigeria, Inggris, Perancis dan negara lainnya, yang dibagi dalam kategori 5K (lima kilometer), 10K, 21K nasional dan 21K terbuka.

“Sejauh ini sudah banyak yang mendaftar. Dari luar negeri dari Kenya, Nigeria, Inggris, dan negara lain sudah 78 pelari internasional yang mendaftar,” kata Andrinof.

Dia berharap kegiatan tersebut bisa menjadi agenda rutin dan mampu mendongkrak popularitas pariwisata Sumbar di mata dunia, sehingga menarik minat lebih banyak wisatawan untuk datang ke daerah itu.

Adapun, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit menargetkan kunjungan wisatawan asing ke daerah itu tahun ini bisa mencapai 100.000 orang.

Untuk menarik minat wisatawan, imbuhnya, pemda setempat menggelar berbagai event pariwisata internasional seperti Tour de Singkarak (TdS), Sawahlunto International Songket Carnival (SISCa), Festival Siti Nurbaya dan ajang pariwisata lainnya.

“Dengan semakin banyaknya event – event berskala internasional, tentu kita harapkan semakin banyak kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumbar,” katanya.

Sementara itu, sepanjang tahun lalu, BPS mencatatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumbar justru turun 4,41%, dari 56.876 orang pada 2017 menjadi hanya 54.369 orang.

“Angka itu menghitung [wisman] yang masuk melalui pintu BIM dan Pelabuhan Teluk Bayur, kalau yang masuk lewat Jakarta, lewat Bali, atau yang lain tidak dihitung lagi,” katanya.

Menurutnya, penurunan itu salah satunya disebabkan ditutupnya penerbangan langsung maskapai Air Asia rute Padang – Singapura, sehingga mengurangi angka kunjungan langsung wisman ke Sumbar.

Adapun, untuk bulan Desember 2018 kunjungan wisman ke Sumbar sebanyak 4.801 orang, turun hingga 44,37% dibandingkan bulan yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 8.630 orang.

Secara keseluruhan,kunjungan wisman ke Sumbar didominasi oleh wisman asal Malaysia yang mencapai 43.344 orang atau berkontribusi 79,72% terhadap total kunjungan wisman ke daerah itu.

Kemudian, disusul Australia sebanyak 3.004 orang, Singapura sebanyak 1.729 orang, Perancis 688 orang, Amerika Serikat 562 orang, Inggris 438 orang, Jerman 319 orang, Jepang 295 orang, India 251 orang, dan Belanda 232 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper