Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Musi Banyuasin Optimalkan Suplai CPO Untuk Bio Solar

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin atau Muba, Sumatra Selatan, bakal mengoptimalkan minyak sawit mentah yang bersumber dari daerah itu menjadi bio solar sebagai upaya mendukung energi baru terbarukan.

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin atau Muba, Sumatra Selatan, bakal mengoptimalkan minyak sawit mentah yang bersumber dari daerah itu menjadi bio solar sebagai upaya mendukung energi baru terbarukan.

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan pihaknya ingin merintis suplai minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) untuk energi hijau bio solar.

“Langkah ini juga sebagai bentuk dukungan kami terhadap Paris Agreement CoP 21 tentang energi baru dan terbarukan,” katanya, Senin (4/2/2019).

Dodi menjelaskan Paris agreement merupakan komitmen internasional untuk perubahan iklim di mana pada tahun 2025 di Indonesia untuk penggunaan energi baru terbarukan sebesar 23% dari konsumsi energi fosil.

Menurut dia,  Pemkab Muba akan berkiprah langsung  melalui perusahaan BUMD yakni PT Petro Muba  bekerjasama dengan perusahaan swasta, yakni PT Taruko Energi.

“Muba berpotensi menghasilkan Bio Solar hingga B100 dengan sumber bahan baku dari replanting kelapa sawit,” katanya.

Dodi menambahkan, seperti diketahui tahun 2017 Muba telah melakukan peremajaan sawit rakyat seluas 7.500 hektare. Bahkan tahun ini pemkab mencatat penambahan area seluas 5.000 ha sehingga total  mencapai 12.500 ha.

Dia memaparkan beberapa upaya Muba terus dilakukan untuk pengembangan turunan kelapa sawit. Selain  untuk produk turunan makanan namun untuk energi baru terbarukan.

“Komitmen Muba sebagai daerah yang berbasis pembangunan hijau berkelanjutan jelas dan tegas,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper