Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bulog Sumsel - Babel Bertekad Maksimalkan Penyerapan Beras

Perum Bulog Divisi Regional Sumatra Selatan dan Bangka Belitung pada 2019 berupaya memaksimalkan kegiatan penyerapan beras hasil panen petani di dua provinsi tersebut.
Pekerja mengemas beras di gudang Bulog./Antara-Asep Fathulrahman
Pekerja mengemas beras di gudang Bulog./Antara-Asep Fathulrahman

Bisnis.com, PALEMBANG – Perum Bulog Divisi Regional Sumatra Selatan dan Bangka Belitung pada 2019 berupaya memaksimalkan kegiatan penyerapan beras hasil panen petani di dua provinsi tersebut.

"Penyerapan beras petani pada 2018 kurang maksimal, hanya bisa dilakukan penyerapan/pembelian sekitar 16.000 ton beras atau di bawah target 80.000 ton. Kondisi itu akan diperbaiki tahun ini," kata Kepala Perum Bulog Divisi Regional Sumsel dan Babel M. Yusuf Salahuddin di Palembang pada Rabu (9/1/2019).

Dia menjelaskan penyerapan beras petani tahun lalu tak maksimal dipengaruhi harga pembelian pemerintah (HPP) di bawah harga pembelian pengumpul/pihak swasta.

Harga pembelian pemerintah ditetapkan Rp7.300 per kilogram, untuk mengimbangi harga pasaran pembelian beras sesuai instruksi pemerintah HPP dinaikkan menjadi Rp8.030 per kg, tetapi belum bisa meningkatkan penyerapan beras petani sesuai dengan target.

Yusuf mengutarakan harga fleksibilitas Rp8.030 per kg belum bisa meningkatkan penyerapan beras petani karena harga beras yang beredar berkisar Rp8.200 sampai Rp8.300 per kg

Menurut dia, secara umum kondisi tersebut cukup baik, karena petani bisa menjual hasil panen dengan harga yang tinggi dan sesuai dengan fungsi Bulog mengamankan atau mencegah anjloknya harga hasil panen petani dan menstabilkan harga pangan di pasaran.

Petani sekarang dalam kondisi menikmati penjualan hasil panen dengan harga cukup baik. Kondisi tersebut diharapkan bisa bertahan dan dikendalikan.

Harga jual beras di tingkat sentra produksi di dua wilayah kerjanya itu perlu dijaga dalam kondisi baik dan di pasaran perlu diamankan agar terjangkau masyarakat.

Sementara mengenai stok beras yang dimiliki Perum Bulog Divre Regional Sumsel dan Babel hingga kini cukup banyak yakni sekitar 35.000 ton bisa untuk memenuhi kebutuhan sampai 8 bulan ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper