Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Medco Power Indonesia Tambah Pasokan Listrik 275 MW di Sumatra

PT Medco Power Indonesia melalui anak perusahaannya PT Medco Ratch Power Riau (MRPR) telah menunjuk Lotte Engineering & Construction (LEC) sebagai kontraktor rekayasa, pengadaan dan konstruksi untuk proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Riau sebesar 275 MW pada 20 Agustus 2018 lalu.
Ilustrasi/Antara-Jojon
Ilustrasi/Antara-Jojon

Bisnis.com, PEKANBARU -- PT Medco Power Indonesia sebagai bagian dari PT Medco Energi Internasional Tbk di bidang kelistrikan, melalui anak perusahaannya PT Medco Ratch Power Riau (MRPR) telah menunjuk Lotte Engineering & Construction (LEC) sebagai kontraktor rekayasa, pengadaan dan konstruksi untuk proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Riau sebesar 275 MW pada 20 Agustus 2018 lalu.

Presiden Direktur Medco Power Eka Satria mengatakan MRPR ini adalah konsorsium dari PT Medco Power Indonesia (“MPI”) dan Perusahaan Listrik Thailand, Ratchaburi Electricity Generating Holding PCL. 

Setelah deklarasi pemenuhan pembiayaan (financial close) kepada PLN pada 23 Agustus 2018 lalu, persiapan pekerjaan lapangan telah dimulai pada akhir November 2018 yang ditandai dengan telah diterimanya Surat Keputusan Kelayakan Lingkungan Hidup (SKKLH) untuk area pembangkit oleh Wali Kota Pekanbaru dan penerbitan surat instruksi kerja (Notice to Proceed/NTP) dari MRPR kepada LEC.

"PLTGU Riau yang bernilai investasi US$ 290 Juta ini akan dibangun di wilayah rencana pengembangan Kawasan Industri Tenayan Kota Pekanbaru. Pembangkit listrik ini diharapkan akan mulai beroperasi pada kuartal dua tahun 2021," katanya dalam keterangan resmi Kamis (13/12/2018).

Saat ini proyek PLTGU 275 MW ini masuk ke dalam Proyek Strategis Nasional Pemerintah Republik Indonesia yang berada di dalam wilayah Provinsi Riau. 

Pembangkit ini diharapkan bisa menambah pasokan Listrik sebesar 275 MW ke dalam jaringan listrik Sumatera dan bisa membantu terpenuhinya target peningkatan elektrifikasi di wilayah Riau.

Hal ini juga sejalan dengan visi Medco Power untuk menjadi perusahaan produsen listrik swasta (IPP) yang ramah lingkungan dan penyedia jasa Operasi & Pemeliharaan (O&M) yang handal dengan misi untuk membangun dan mengoperasikan IPP berbahan bakar gas alam, panas bumi dan energi terbarukan lainnya seperti tenaga surya serta infrastruktur gas. 

Adapun MPI didirikan pada 2004, dan merupakan produsen pembangkit listrik independen yang bernaung dalam kelompok usaha MedcoEnergi. Saat ini, MPI memiliki dan mengoperasikan pembangkit listrik dengan total kapasitas gross 645 MW (IPP) dan menjalankan jasa operasi dan pemeliharaan untuk pembangkit pihak ketiga (O&M) dengan total kapasitas 2,489 MW.

Dalam waktu dekat, MPI akan memulai pengembangan proyek PLTGU Riau (275 MW) , PLTP Ijen (110 MW) dan Tenaga Surya Sumbawa (2x20MW). Ke depannya, MPI akan tetap mengutamakan pengembangan bisnis pada sektor energi bersih dan terbarukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper