Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

441 Peserta Ikut Pelatihan Keterampilan Kerja dari Chevron Pacific Indonesia

PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) terus berupaya memberikan kontribusi terhadap peningkatan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan. Upaya tersebut dicapai melalui program-program pengembangan keterampilan guna mendorong kemandirian dan peluang kewirausahaan.
Chevron/Reuters
Chevron/Reuters
Bisnis.com, PEKANBARU -- PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) terus berupaya memberikan kontribusi terhadap peningkatan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan.
Upaya tersebut dicapai melalui program-program pengembangan keterampilan guna mendorong kemandirian dan peluang kewirausahaan.
 
GM PGPA Asset CPI Sukamto Tamrin mengatakan SKK Migas dan CPI meluncurkan Program Pengembangan Keterampilan Tenaga Kerja (Workforce Development Program), dengan tujuan mendukung program pemerintah dalam pengembangan kapasitas tenaga kerja dan wirausahawan melalui pelatihan dan sertifikasi. 
 
”Melalui program pelatihan dan sertifikasi ini, para peserta diharapkan memiliki peluang yang lebih besar untuk menembus pasar kerja dan kemampuan bersaing yang lebih tinggi dalam berwirausaha,” ujarnya dalam keterangan resmi Rabu (12/12/2018).
 
Sukamto menjelaskan program ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Program Pelatihan dan Sertifikasi Operator Alat Berat dan Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (AK3) Umum, dan yang kedua Program Pelatihan Kejuruan dan Wirausaha untuk bidang desain tata busana, pengolahan pangan, komputer, bengkel motor, dan pengelasan.
 
CPI menggandeng mitra pelaksana untuk masing-masing program, yakni Politeknik 
Caltex Riau dan Institut Kemandirian Dompet Dhuafa. Dalam pelaksanaannya, kedua mitra pelaksana tersebut bekerja sama dengan instansi pemerintah terkait, di antaranya Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Pendidikan tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota di Riau.
 
Jumlah penerima manfaat atau peserta program sebanyak 441 orang. Mereka berasal dari berbagai wilayah operasi PT. CPI di tujuh Kabupaten/Kota di Riau, yakni Bengkalis, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Siak, Kampar, Kota Pekanbaru, dan Kota Dumai. Program ini akan berlangsung hingga Agustus 2019.
 
”Program kemitraan semacam ini berkontribusi terhadap peningkatan kapasitas SDM lokal sehingga memberikan manfaat secara jangka panjang bagi masyarakat Riau. Melalui program ini, kami ingin mendorong kemandirian dan peluang kewirausahaan masyarakat,’’ lanjut Sukamto.
 
Program Pengembangan Keterampilan Tenaga Kerja ini merupakan bagian dari program investasi sosial PT. CPI di bidang pemberdayaan ekonomi. Selain pemberdayaan ekonomi, bidang-bidang lain yang menjadi fokus program investasi sosial PT. CPI adalah Kesehatan, Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan, serta Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati.
 
”Kami bangga atas kemitraan yang kokoh dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia selama lebih dari 90 tahun. Kehadiran operasi kami turut berkontribusi terhadap peningkatan peluang dan kualitas lapangan kerja serta manfaat bagi masyarakat setempat melalui program investasi sosial,’’ ucap Sukamto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper