Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertagas Uji Coba 'Gas In' Pipa Grissik—Pusri

PT Pertamina Gas atau Pertagas telah melakukan uji coba atau comissioning penyaluran gas di pipa gas ruas Grissik, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan hingga ke PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang.
Pegawai PT Pertamina Gas melakukan uji coba pipa gas GrissikPusri./Istimewa
Pegawai PT Pertamina Gas melakukan uji coba pipa gas GrissikPusri./Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – PT Pertamina Gas atau Pertagas telah melakukan uji coba atau comissioning penyaluran gas di pipa gas ruas Grissik, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan hingga ke PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang.

Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Gas, Hatim Ilwan, mengatakan proses uji coba yang dimulai pada Kamis (29/11/2018) akan berlangsung selama tiga sampai lima hari.

“Ditargetkan minggu depan sudah masuk ke tahap uji coba gas in di PUSRI,” ujar Hatim dalam keterangan pers baru-baru ini.

Pada tahap gas in perdana ini, tak kurang dari 50 juta meter standar kaki kubik (MMSCFD) gas dialirkan dari sumber gas ConocoPhillips Indonesia (COPI) yang terletak di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatra Selatan.

Pipa Gas Grissik-PUSRI dibangun dengan panjang 176 Km dengan diameter 20 inchi ini membentang melewati dua kabupaten, yakni Muba dan Banyuasin serta satu Kota Palembang.

Hatim mengatakan nilai investasi proyek pipa yang mengalirkan gas dari Grissik Gas Plant COPI hingga ke Plant PUSRI di Palembang ini mencapai US$143 juta dan dikerjakan selama 15 bulan.

Untuk tahap uji coba ini, menurut Hatim, Pertagas telah memiliki izin usaha sementara dari Ditjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Sedangkan fase komersial akan diproses secepatnya setelah mendapatkan izin usaha tetap.

“Ini akan menjadi prioritas kami karena penyaluran gas ke PUSRI berpengaruh besar pada kestabilan produksi PUSRI dan tentunya berdampak pada ketahanan pangan di Indonesia,” katanya.

Dia melanjutkan ruas baru ini akan menjadi tulang punggung infrastruktur gas kedua milik Pertagas di wilayah Sumsel seiring telah terutilisasi maksimalnya pipa eksisting Pertagas di provinsi tersebut.

Selain untuk menyalurkan gas ke PUSRI, pipa gas ruas Grissik–PUSRI nantinya juga akan mampu memenuhi kebutuhan pembangkit listrik, industri serta jaringan gas rumah tangga di Sumsel.

Masuknya proyek pipa gas ruas Grissik–PUSRI pada tahap penyelesaian, menambah daftar proyek Pertagas yang akan rampung sekaligus juga beroperasi tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper