Tempuh 2.055 Km, Mobil Listrik Blits Singgah di Palembang

Mobil listrik karya anak bangsa, Blits, tiba di Kota Palembang setelah menempuh perjalanan sejauh 2.055 kilometer dari Surabaya, Jawa Timur.
Dinda Wulandari | 27 November 2018 15:15 WIB
Mobil Listrik Blits karya Universitas Budi Luhur dan Institut Teknologi Surabaya tiba di Palembang - Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG – Mobil listrik karya anak bangsa, Blits, tiba di Kota Palembang setelah menempuh perjalanan sejauh 2.055 kilometer dari Surabaya, Jawa Timur.

Palembang merupakan kota kelima yang disinggahi mobil listrik hasil kolaborasi dua perguruan tinggi, yakni  Universitas Budi Luhur dan Institut Teknologi Surabaya (ITS) itu.

Project Leader Blits, Yoga Uta Nugraha,  mengatakan sejauh ini pihaknya tidak menemukan kendala berarti selama perjalanan hingga tiba di Kota Palembang.

“Jalur Sumatra didominasi oleh tanjakan dan turunan yang menjadi tantangan mobil listrik Blits, khususnya di daya tahan baterai dan tenaga mobil saat menghadapi tanjakan terjal,” katanya kepada wartawan di Palembang, Selasa (27/11/2018).

Menurut dia,tim juga mampu uji coba pengereman Blits saat turunan curam di jalur pegunungan di daerah Lampung.

Selain itu saat turun hujan lebat di perjalanan, Blits tidak mengalami masalah berarti baik dari baterai ataupun perangkat mobil listrik lainnya.

“Dengan ini kami lebih mengerti karakter Blits dan banyak mendapat data untuk peningkatan kemampuan mobil listrik ini,” katanya.

Uta menambahkan Jelajah Sumatra Blits melakukan pengisian baterai di Rayon PLN yang berada di setiap kabupaten/kota.

“Kami sangat terbantu karena PLN telah siapkan alat pengisian baterai di setiap rayon yang kami datangi. Kami melakukan pengisian baterai Blits setelah menempuh perjalanan 150--200km, dengan lama pengisiansekitar 4 – 6 jam,” paparnya.

Kasih Hanggoro, Ketua BPH Yayasan Budi Luhur Cakti, menambahkan,antusiasme masyarakat Sumatra terhadap kedatangan mobil listrik itu cukup besar dan diharapkan dapat menginspirasi perguruan tinggi lainnya.

Menurut dia, Jelajah Sumatra merupakan awal perjalanan PLN Blits Explore Indonesia sejauh 15.000 km hingga ke Sabang dan Merauke.

“Mobil listrik Blits ini belum dibilang bagus kalau belum bisa melewati 15.000 km. Dari perjalanan itu tim Blits baru mendapatkan data apa saja kekurangan dari mobil listrik ini dan akan di evaluasi kembali,” katanya.

Diketahui, nantinya Blits direncanakan akan ikut serta dalam Rally Dakar, yang merupakan rally paling ganas, di mana tahun ini bakal digelar di Argentina.

Tag : mobil listrik, palembang
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top