Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumsel Raih Peringkat Tiga Pendukung KUR Terbaik

Pemprov Sumatra Selatan menyabet peringkat terbaik ketiga untuk kategori pemerintah daerah/provinsi terbaik pendukung kredit usaha rakyat (KUR).
Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (7/3/2018)./ANTARA-Nova Wahyudi
Kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatra Selatan, Rabu (7/3/2018)./ANTARA-Nova Wahyudi

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemprov Sumatra Selatan menyabet peringkat terbaik ketiga untuk kategori pemerintah daerah/provinsi terbaik pendukung kredit usaha rakyat (KUR).

Penghargaan tersebut diberikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Darmin Nasution saat acara KUR Award yang berlangsung di Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Sekretaris Daerah Sumsel Nasrun Umar mengatakan keberhasilan pemprov dalam mendukung dan memajukan koperasi dan UMKM di Sumsel menghasilkan buah positif.

Sementara itu Ketua Tim Penilai yang juga Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI Iskandar Simorangkir menuturkan, pemberian penghargaan ini bertujuan untuk lebih mengoptimalkan program KUR.

Untuk penilaiannya, telah berlangsung sejak Desember 2017 lalu. Proses penilaian diantaranya pemenuhan tugas-tugas terkait Program KUR.

"Pada tahap pertama ada 161 pemerintah provinsi, kabupaten/kota yang ikut ambil bagian untuk dinilai, selanjutnya yg lolos penilaian tahap kedua ada 80 pemerintah provinsi, kabupaten/kota. Tahap terakhir ada 22 pemerintah provinsi, kabupaten/kota yang lolos sebagai nominator terbaik," katanya dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com.

Untuk diketahui, para penerima penghargaan untuk Pemda Pendukung KUR terbaik Peringkat 1 Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Peringkat Kedua Provinsi Jawa Timur, dan Peringkat Ketiga Provinsi Sumsel

Dia memaparkan dari 22 pemerintah Daerah itu di antaranya 6 provinsi, 10 kabupaten/kota di Pulau Jawa, dan 6 kabupaten/kota di luar Pulau Jawa.

Menko Perekonomian RI Darmin Nasution memberikan apresiasi tinggi kepada penerima penghargaan.

Darmin mengharapkan kepada semua pihak untuk membuat kartu perekam kredit , kartu elektronik Sistem Informasi Kredit Program (SIKP).

“Ada sebanyak 476 pemerintah provinsi, kabupaten/kota atau 88 % dari total 542 Pemda yang telah memiliki user name SIKP,” katanya.

Menurut dia, jumlah data calon debitur yang sudah diunggah oleh Pemda hanya sebanyak 129.492 calon (0,98%) dari 13,28 juta calon debitur. Selebihnya sebanyak 13,15 juta (99,02%) calon debitur diunggah oleh Penyalur KUR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper