Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dituding Enggak Rajin Bersihkan Sampah Sungai, Ini Kata Pemkot Palembang

Banyaknya volume sampah di Sungai Musi dikarenakan sampah yang disumbangkan dari kabupaten terdekat di Palembang.
Sungai Musi Sumatra Selatan./Indonesia Travel
Sungai Musi Sumatra Selatan./Indonesia Travel

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah Kota Palembang membantah tegas pernyataan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya terkait kurang rajinnya pemerintah daerah itu membersihkan sampah di aliran Sungai Musi.

Kepala Bagian Humas Pemkot Palembang Amiruddin Sandy mengatakan Pemkot Palembang cukup concern terhadap kebersihan anak Sungai Musi di tiap kelurahan sejak 2013 lalu.

“Banyak program unggulan, salah satunya program gotong royong setiap hari Minggu. Sampah dari anak sungai dibersihkan dan sudah berkurang banyak,” katanya, Kamis (22/11/2018).

Masih banyaknya volume sampah di Sungai Musi, lanjut Amiruddin, dikarenakan sampah yang disumbangkan dari kabupaten terdekat di Palembang.

Pemkot Palembang bahkan sering meminta bantuan untuk pembersihan sampah di Sungai Musi. Salah satunya di destinasi wisata Kampung Almunawar, yang berada di tepi Sungai Musi.

“Sudah sering kita adukan ke pemerintah pusat, termasuk ke Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWS) VIII, tapi tidak pernah direspons. Karena itu kita bekerja sendiri. Jadi kalau dibilang tidak rajin bersihkan sungai, itu salah besar,” ujarnya.

Diketahui, Sebelumnya Menteri LHK Siti Nurbaya mengatakan Pemkot Palembang termasuk salah satu pemerintah yang tidak rajin membersihkan sampah di sungai.

“Pemkot Palembang termasuk yang enggak rajin [bersihkan sampah di Sungai] makanya kita intensifkan lagi,” katanya di sela kunjungan peninjauan hutan sosial di Palembang, Rabu (21/11/2018).

Oleh karena itu, kata Siti, pihaknya memilih Palembang sebagai satu dari 26 kota yang jadi prioritas dalam kebersihan sampah sungai dan pantai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper