Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Malam Puncak PRB Nasional Kumpulkan Donasi Rp400 Juta Bagi Korban Bencana

Sedikitnya terkumpul donasi sebesar Rp400 juta pada acara "Welcome Dinner For Charity" dalam rangka malam puncak Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Nasional 2018 bagi korban bencana alam di Lombok, Palu, dan Donggala.
Warga korban gempa membangun rumahnya kembali pascagempa di Dusun Dasan Tengak, Desa Teniga, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, NTB, Selasa (21/8)./Antara
Warga korban gempa membangun rumahnya kembali pascagempa di Dusun Dasan Tengak, Desa Teniga, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, NTB, Selasa (21/8)./Antara

Bisnis.com, MEDAN – Sedikitnya terkumpul donasi sebesar Rp400 juta pada acara "Welcome Dinner For Charity" dalam rangka malam puncak Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Nasional 2018 bagi korban bencana alam di Lombok, Palu, dan Donggala.

Donasi tersebut diberikan oleh para tamu dan undangan yang hadir pada acara makan malam di Rumah Dinas Gubernur Sumatra Utara (Sumut) di Medan, Selasa (23/10/2018) malam.

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah berharap penggalangan dana tersebut dapat membantu korban bencana alam yang membutuhkan.

Musa, yang akrab disapa Ijeck, juga mengharapkan agar penggalangan dana untuk korban bencana tidak dilakukan saat ini saja karena mereka masih membutuhkan bantuan dalam beberapa tahun ke depan untuk bisa pulih sepenuhnya.

“Semoga upaya penggalangan bantuan seperti ini dapat terus dilakukan ke depan, tidak hanya terkumpul melalui forum ini saja,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, seluruh masyarakat Sumut termasuk para stakeholder diminta siap menghadapi bencana yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

“Kita wajib mempersiapkan diri, paling tidak kita sudah siap dan tanggap bila terjadi bencana,” terang Ijeck.

Dia juga mengapresiasi pelaksanaan Peringatan Bulan PRB Nasional yang diadakan di Sumut pada 19-26 Oktober 2018, serta respons bencana yang dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut yang cepat serta selalu bekerja bersama saat bencana terjadi.

Terkait bencana banjir bandang yang terjadi di Mandailing Natal, masyarakat diimbau agar selalu menjaga lingkungan serta tidak membangun rumah di daerah rawan bencana.

Sementara itu, Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dody Ruswandi menyatakan PRB 2018 merupakan momentum  untuk memeriksa kesiapan terhadap bencana yang tidak pernah bisa diprediksi.

“Kami yakin adanya forum ini akan semakin meningkatkan kesadaran kita terhadap bencana,” ungkapnya.

Kepala Bagian Umum PT Perkebunan Nusantara III (Persero) Tengku Rinel menerangkan donasi tersebut merupakan bentuk kepedulian masyarakat Sumut khususnya perkebunan kepada korban bencana.

“Semoga daerah atau korban bencana di Palu maupun Lombok bisa pulih kembali,” ucapnya.

Untuk menggalang dana donasi, pada kesempatan tersebut diundang para pimpinan BUMN dan BUMD, pimpinan perbankan, serta para pengusaha yang ada di Sumut. Donasi dikumpulkan dengan melelang foto para fotografer yang dikirim ke lokasi bencana di Lombok.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper