Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumut Gandeng Investor Korea Kelola Sampah

Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah menyambut baik niat dan keinginan investor Korea untuk bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumut dalam hal pengelolaan sampah.
Ilustrasi sampah
Ilustrasi sampah

Bisnis.com, MEDAN – Wakil Gubernur Sumatra Utara Musa Rajekshah menyambut baik niat dan keinginan investor Korea untuk bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumut dalam hal pengelolaan sampah.

“Selama ini, kita belum mengelola sampah kita dengan cara yang tepat, sementara itu sampah terus bertambah dan tempat pembuangan sampah semakin lama semakin menumpuk. Kita coba cari solusi melalui pertemuan dan diskusi hari ini, untuk percontohan kita coba diskusikan wilayah Deliserdang,” katanya.

Hal itu disampaikan Musa Rajekshah saat menerima rombongan investor Korea yang tergabung dalam HGNS Cooperations di gedung kantor Gubernur Sumut, di Medan, seperti disampaikan lewat keterangan resmi, Senin (15/10). 

Musa Rajekshah yang akrab disapa dengan Ijeck berharap pertemuan tersebut tidak hanya sebatas membicarakan tentang pengelolaan sampah, tetapi juga berlanjut menghasilkan produk-produk yang bernilai guna kembali.

“Saya pernah baca, sampah diubah menjadi energi. Jika bapak/ibu bisa bantu dan menyarankan, kita pikirkan apa yang bisa kita hasilkan dari sampah-sampah kita ini,” katanya.

Lebih lanjut, Ijeck menuturkan, sebagai salah satu daerah industri dan banyak menghasilkan sampah, Kabupaten Deliserdang akan ditinjau langsung pengelolaan sampahnya oleh para investor untuk kemudian dibahas pengelolaan yang tepat.

Jika uji coba tersebut berhasil, pengelolaan sampah akan diperluas ke daerah Sumut lainnya.

Salah satu perwakilan investor, Hong, menyampaikan bahwa Sumut merupakan daerah yang luar biasa dan kaya. Dirinya sering mendengar Sumut diperbincangkan oleh rekan-rekan bisnisnya dari negara ASEAN.

“Termasuk salah satunya soal wisata di Sumut yang Bagus sekali. Sayangnya, kebanyakan turis kurang berkenan datang ke suatu tempat yang kurang bersih atau kurang terkelola sehingga penting sekali waste management ini diperhatikan,” katanya.

Dia meyakinkan bahwa dengan pengelolaan sampah yang baik dan terencana, bukan saja berpotensi untuk memperoleh keuntungan secara bisnis, tetapi juga dari segi kesehatan, lingkungan, dan meminimalisir penyebab bencana terkait sampah seperti banjir.

Rencana kerja sama tersebut ditindaklanjuti dengan peninjauan ke tempat pembuangan akhir (TPA) atau tempat pembuangan sampah sementara (TPS) sampah di Deliserdang. Berikutnya, akan diadakan pertemuan lanjutan membahas teknis kerja sama.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas Lingkugan Hidup Deliserdang Artini S Marpaung, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provsu Siti Bayu Nasution, Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Arief Sudarto Trinugroho, Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerja Sama Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Basarin Yunus Tanjung, serta perwakilan dari Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Sumut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper