Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Karhutla : Sumsel Tetap Prioritaskan Zero Asap

Pemprov Sumatra Selatan memastikan status zero asap atau tanpa kabut asap di Sumsel bukan hanya diprioritaskan selama Asian Games saja tetapi tetap ditangani hingga kini.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel ,Iriansyah (kiri) saat jumpa.pers terkait karhutla/Istimewa
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel ,Iriansyah (kiri) saat jumpa.pers terkait karhutla/Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pemprov Sumatra Selatan memastikan status zero asap atau tanpa kabut asap di Sumsel bukan hanya  diprioritaskan selama Asian Games saja tetapi tetap ditangani hingga kini.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan untuk mencapai zero asap pihaknya pun meminta instansi terkait segera bergerak menanggulangi asap yang mulai terasa beberapa hari terakhir.

"Udara bersih itu kebutuhan masyarakat. Jadi zero asap itu bukan hanya sesaat untuk Asian Games saja," jelasnya, saat rapat koordinasi karhutla, Sabtu (6/10/2018) malam.

Oleh karena itu  Deru menginstruksikan kepada jajaran dinas terkait, dan satgas untuk tetap serius menanggulangi gangguan asap di Sumsel. 

Gubernur juga minta agar masyarakat di pedesaan dilibatkan.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel ,Iriansyah, pada saat Konferensi Pers, Minggu (7/10) mengatakan kondisi cuaca di Sumsel memang sedang kemarau panjang. 

Dia mengemukakan hot spot meningkat di beberapa titik di Sumsel khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Banyuasin dan beberapa Kabupaten lainnya. 

Iriansyah melanjutkan, musim kemarau tahun ini agak lama bahkan menurut perkiraan BMKG diperkirakan sampai akhir Oktober. 

"Kami selaku satgas karhutla tetap mengantisipasi dengan mengupayakan pemadaman hutan dan lahan baik dari darat maupun udara," ujarnya.

Dia menambahkan, penanganan karhutla baik darat dan udara dilakukan bersama-sama oleh BPBD, manggala agni, TNI/Polri serta stakeholder yang terkait. 

Selanjutnya, pemadaman udara, katanya dilakukan juga melalui helikopter, saat ini masih ada enam helikopter untuk pemadaman udara. 

"Alhamdulillah kebakaran hutan yang ada di Ogan Ilir khususnya jalan tol, Pegayut, Indralaya Utara, Rambutan Ogan Ilir, kemarin sudah padam hingga hari ini,"terangnya.

Begitu juga, helikopter water bombing masih terus memadamkan jika ada api. 

Dia menambahkan, terus dilakukannya pemadaman karhutla ini sesuai dengan arahan gubernur Sumsel.

Menurut Iriansyah, kondisi cuaca sekarang cukup baik. Kemudian jarak pandang baik di Kota Palembang maupun di sekitaran bandara lebih dari 10 kilometer, jadi cukup baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper