Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Perincian Dampak Asian Games 2018 bagi Ekonomi Sumsel

Bappenas telah menghitung dampak langsung maupun tak langsung penyelenggaraan Asian Games 2018 di bidang ekonomi bagi Kota Palembang selaku salah satu tuan rumah event tersebut.
LRT Palembang, salah satu pengaruh positif penyelenggaraan Asian Games 2018./Antara-Iggoy el Fitra
LRT Palembang, salah satu pengaruh positif penyelenggaraan Asian Games 2018./Antara-Iggoy el Fitra

Bisnis.com, PALEMBANG – Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah menghitung dampak langsung maupun tak langsung penyelenggaraan Asian Games 2018 di bidang ekonomi bagi Kota Palembang selaku salah satu tuan rumah event tersebut.

Hasilnya, berdasarkan perhitungan Kementerian PPN/Bappenas tersebut, penyelenggaraan Asian Games 2018 telah berdampak langsung terhadap perekonomian Sumsel senilai Rp18,5 triliun.

Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan, Amalia Adininggar  Widyasanti, mengatakan dampak langsung itu melalui investasi pemerintah; operasional, persiapan, dan penyelenggaraan; serta pengeluaran pengunjung.

“Investasi pemerintah untuk pembangunan infrastruktur pendukung dan sarana olahraga tercatat senilai Rp15,4 triliun dalam kurun 2015 hingga 2018,” katanya saat pemaparan dalam kunjungan Komisi XI DPR RI terkait dengan evaluasi penyelenggaraan Asian Games di Palembang, Rabu (26/9/2018).

Besarnya alokasi investasi pemerintah itu, salah satunya digunakan untuk pembangunan moda transportasi kereta ringan (light rail transit/LRT).

Amalia melanjutkan sementara untuk operasional penyelenggaraan tercatat Rp2,1 triliun. Adapun pengeluaran pengunjung yang terdiri dari wisatawan dalam dan luar negeri mencapai Rp968 miliar.

“Wisman [wisatawan mancanegara] ke Sumsel melonjak signifikan sebesar 68,69% saat Asian Games, mengalahkan pertumbuhan wisman saat Sea Games 2011 yang 43,2%,” paparnya.

Dampak Tak Langsung

Bappenas juga menghitung dampak tidak langsung dari penyelenggaraan Asian Games terhadap perekonomian Sumsel.

Amalia menjelaskan dampak tidak langsung tersebut meliputi penciptaan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, dan penambahan pendapatan masyarakat.

Hasilnya, kenaikan produk domestik regional bruto (PDRB) sebesar 0,47% di mana ekonomi Sumsel pada triwulan II/2018 tumbuh 6,07% y-o-y.

Selain itu untuk jumlah kesempatan kerja selama 2015—2019 dari Asian Games sebanyak 51.500 orang. “Asian Games menciptakan kesempatan kerja dan meningkatkan upah riil sebesar 0,36%.”

Dasar perhitungan dampak Asian Games 2018 tersebut berasal dari jumlah negara peserta sebanyak 45 negara, 462 pertandingan, dan 40 cabang olahraga yang berlangsung baik di Jakarta dan Palembang.

Bappenas juga menghitung berdasarkan jumlah atlet sebanyak 11.429 atlet, 5.000 ofisial, 2 juta penonton, 11.567 relawan, 7.000 media, dan 200.000 wisman.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper