Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Walikota Palembang Terpilih Bakal Dilantik Pekan Depan 

Pelantikan walikota dan wakil walikota Palembang terpilih periode 2018-2023, Harnojoyo-Fitrianti Agustinda, akan dilaksanakan serentak dengan  pelantikan kepala daerah lainnya di enam kabupaten/kota di Sumatra Selatan.
Walikota Palembang Harnojoyo (kiri) saat menerima kunjungan tim investor Korea Selatan/Bisnis-Dinda Wulandari.
Walikota Palembang Harnojoyo (kiri) saat menerima kunjungan tim investor Korea Selatan/Bisnis-Dinda Wulandari.

Bisnis.com, PALEMBANG -- Pelantikan walikota dan wakil walikota Palembang terpilih periode 2018-2023, Harnojoyo-Fitrianti Agustinda, akan dilaksanakan serentak dengan  pelantikan kepala daerah lainnya di enam kabupaten/kota di Sumatra Selatan.
 
Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Palembang Amiruddin Sandy mengatakan jika tidak ada halangan, pelantikan walikota dan wakil walikota Palembang terpilih akan dilaksanakan pada 18 September 2018.
 
"Rencananya, pelantikan akan dilaksanakan di Palembang Sport and Convention Center (PSCC)," ujarnya, Jumat (14/9/2018).
 
Pelantikan akan dilakukan oleh Gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) Alex Noerdin, sesuai aturan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 16 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.
 
Amir memaparkan berdasarkan pasal 3 ayat 1, 2, dan 3, gubernur dan wakil gubernur dilantik oleh Presiden. Dalam hal Presiden berhalangan, pelantikan gubernur dan wakil gubernur dilaksanakan oleh wakil presiden. Jika presiden dan wakil presiden berhalangan, pelantikan gubernur dan wakil gubernur dilaksanakan oleh menteri, dan pelantikan dilaksanakan di istana negara.
 
Sementara itu, pelantikan bupati/wakil bupati serta walikota/wakil walikota dilakukan oleh gubernur. Jika gubernur berhalangan, pelantikan dilaksanakan oleh wakil gubernur dan jika keduanya tidak dapat melaksanakan karena berhalangan, pelantikan akan dilaksanakan oleh menteri.
 
"Pelantikan bupati/wakil bupati serta walikota/wakil walikota dilaksanakan di ibu kota provinsi, dan dihadiri oleh pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten/kota masing-masing," lanjutnya.
 
Selain acara pelantikan, dalam hari yang sama juga akan dilaksanakan pelantikan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Palembang Selviana Harnojoyo oleh Ketua TP PKK Sumsel Eliza Alex Noerdin.
 
"Paginya, pelantikan walikota/wakil Walikota terpilih, siangnya pelantikan TP PKK, dan malamnya akan dilaksanakan acara ramah tamah dan pisah sambut. Esoknya, penyampaian visi misi di Sekretariat DPRD Kota Paembang. Tapi, untuk acara malam dan penyampaian visi misi masih tentatif," ujar Amir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper