Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEBAKARAN LAHAN, Terdeteksi 19 Titik Panas di Jambi

Sebanyak 19 titik panas (hotspot) terpantau sensor modis satelit terra-aqua dan Suomi NPP Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi update, Kamis (23/8/2018).
Ilustrasi./Antara
Ilustrasi./Antara

Bisnis.com, JAMBI – Sebanyak 19 titik panas (hotspot) terpantau sensor modis satelit terra-aqua dan Suomi NPP Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jambi update, Kamis (23/8/2018) pukul 05.00 WIB dengan tingkat kepercayaan terjadinya kebakaran (confident) mencapai 100 persen.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Thaha Jambi, Kurnia Ningsih mengatakan, 19 titik panas itu terdapat di Kabupaten Batanghari, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Tanjung Jabung Timur dan Muarojambi. Di kabupaten Batanghari terdeteksi dua titik, dua titik di Kabupaten Tanjungjabung Timur dan satu titik di Tanjungjabung Barat. Sementara di Kabupaten Muarojambi terbanyak yakni 14 titik.

Dikatakannya, sebanyak 14 titik panas di Kabupaten Muarojambi yang kesemuanya berada di Kecamatan Kumpeh itu, lima titik diantaranya dengan tingkat kepercayaan terjadi kebakaran mencapai 100 persen. Sisanya 59% hingga 95%.

Kemudian di Kabupaten Batanghari, dua titik panas terdeteksi tepatnya di Kecamatan Bajubang dengan tingkat kepercayaan terjadinya kebakaran 74 dan 79 persen.

Selanjutnya, di Kabupaten Tanjungjabung Timur, dua titik terdeteksi di Kecamatan Mendahara Ulu dengan tingkat kepercayaan 51% dan 71%.

Sementara di Kabupaten Tanjungjabung Barat terdeteksi satu titik tepatnta di Kecamatan Batangasam dengan tingkat kepercayaan 69 persen.

Kurnia mengatakan, untuk wilayah Sumatra, data pada 23 Agustus 2018, Jambi terbanyak titik panas, disusul Sumatra Selatan 15 titik, Kepulauan Bangka Belitung 12 titik, Riau delapan titik dan Bengkulu satu titik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper