Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPJS Ketenagakerjaan Sumbar Riau Bayar Klaim Rp797,9 Miliar

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) wilayah Sumbar Riau telah membayarkan klaim senilai Rp797,9 miliar di sepanjang semester I/2018.
Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan/bpjsketenagakerjaan.go.id
Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan/bpjsketenagakerjaan.go.id

Bisnis.com, PEKANBARU -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) wilayah Sumbar Riau telah membayarkan klaim senilai Rp797,9 miliar di sepanjang semester I/2018.

Pps Deputi Direktur Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbar Riau Supriyatno mengatakan nilai klaim itu telah dibayarkan untuk 65.148 pekerja.

"Angka klaim di semester I/2018 yang sudah dibayarkan yaitu Rp797,9 milyar atau lebih tinggi dibandingkan semester I/2017 lalu yaitu Rp692,07 milyar," katanya Senin (30/7/2018).

Bila dibandingkan jumlah pekerja yang mengajukan klaim, angkanya tercatat lebih rendah yaitu sebanyak 82.431 pekerja sepanjang semester I/2017, menjadi 65.148 pekerja sepanjang semester II/2018.

Untuk pembayaran semester pertama tahun ini, rincian klaim yang dibayarkan yaitu pencairan program Jaminan Hari Tua senilai Rp733,03 milyar dari 52.424 kasus, lalu program Jaminan Kematian senilai Rp16,81 milyar dari 741 kasus, program Jaminan Kecelakaan Kerja senilai Rp43,78 milyar dari 8.367 kasus, dan program Jaminan Pensiun senilai Rp4,35 milyar dari 3.616 kasus.

Supriyatno menambahkan saat ini pihaknya masih tetap gencar mensosialisasikan empat program yakni Program Jaminan Hari Tua (JHT) Program Jaminan Pensiun (JP), Program Jaminan Kematian (JKM), dan Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

Untuk mencapai target tersebut, BPJS Ketenagakerjaan gencar melakukan sosialisasi dengan menggandeng Dinas tenaga kerja, Kejaksaan dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) di masing – masing kota provinsi maupun kota.

”Empat program ini melindungi pekerja dari resiko saat mereka bekerja dan mempersiapkan pekerja menghadapi hari tua dengan mekanisme yang sama dengan pemberian pensiun bagi PNS,” katanya.

Adapun BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbar Riau saat ini membawahi 11 Kantor Cabang dan 18 kantor cabang perintis yang tersebar di wilayah Provinsi Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper