Memotret Pasar Ketenagalistrikan Indonesia di Power Gen Asia 2018

Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) dan PennWell akan menyelenggarakan acara energi berskala internasional, yakni Hari Listrik Nasional Ke-73 yang akan digabungkan dengan POWER-GEN Asia 2018.
Denis Riantiza Meilanova | 11 Juli 2018 00:40 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) dan PennWell akan menyelenggarakan acara energi berskala internasional, yakni Hari Listrik Nasional Ke-73 yang akan digabungkan dengan POWER-GEN Asia 2018.

POWER-GEN Asia selama lebih dari 25 tahun telah memperkuat posisi sebagai acara utama bagi para pelaku industri dan pengambil keputusan strategis di bidang ketenagalistrikan di Asia. 

Acara ini akan terdiri dari pameran industri kelas dunia, program konferensi strategis dan teknis skala global, workshop dan diskusi panel, yang akan diselenggarakan pada 18-20 September 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Banten.

“Mengusung tema tentang keberlanjutan (sustainability) sektor ketenagalistrikan nasional, HLN tahun ini akan menjadi ajang diskusi yang merupakan bagian dari upaya pemenuhan kebutuhan tenaga listrik yang terus meningkat,” ujar Supangkat Iwan Santoso, Ketua Umum MKI di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Lebih lanjut, HLN - POWER-GEN Asia yang terdiri dari pameran industri dan konferensi ini juga berperan sebagai forum terkemuka bagi para pelaku industri tenaga listrik Asia untuk bertemu, berbagi ide, menjalin kerjasama bisnis dan memberikan kesempatan yang besar untuk memperkuat koneksi global di Indonesia.

“PennWell merasa sangat terhormat dapat bekerja sama dengan MKI, terutama karena acara ini dapat memberikan kesempatan bagi para pelaku industri untuk memajukan ketenagalistrikan di wilayah Asia khususnya ASEAN. Dengan menggabungkan keunggulan kedua acara yang ternama ke dalam acara Hari Listrik Nasional ke-73 - POWER-GEN Asia, kami dapat menawarkan kepada semua delegasi dan pengunjung Indonesia maupun mancanegara pengalaman tiga hari yang benar-benar produktif,” kata Heather Johnstone, Direktur Acara POWER-GEN Asia.

Sekretaris Jenderal MKI Heru Dewanto menambahkan acara ini juga sekaligus menjadi ajang untuk memperkenalkan pasar ketenagalistrikan Indonesia ke kancah internasional.

"Power-GEN sudah cukup lama keliling Asia.  Banyak sekali pembicara yang hadir selalu bicara pasar Indonesia, tapi belum sekalipun Power-Gen di Indonesia. Ini indikator Indonesia pasar penting di Asia," ujar Heru. 

"Kita juga perlu disrupsi inovasi.  Untuk itu kita perkenalkan Indonesia ke pasar dunia."

Adapun acara POWER-GEN Asia pada tahun-tahun sebelumnya telah menarik lebih dari 8.500 peserta dari lebih dari 75 negara.

Acara HLN yang sudah digelar secara berkelanjutan sebagai acara utama di sektor ketenagalistrikan oleh MKI, telah mencapai tahun ke-6 pada tahun ini. 

Melanjutkan tema tahun lalu, yaitu Mewujudkan Catur Cita Ketenagalistrikan, Kecukupan, Kompetitif, Berkelanjutan, dan Merata  untuk Menuju Indonesia Terang, pada tahun ini HLN fokus pada salah satu aspek catur cita yaitu Berkelanjutan - Keberlanjutan sektor ketenagalistrikan untuk mendukung pembangunan nasional. 

Kemitraan dengan POWER-GEN Asia akan membawa acara HLN ke kancah internasional, menarik lebih banyak pemimpin, mitra industri dan investor nasional, dan internasional.

Penyelenggaraan HLN ke-73 yang digabungkan dengan POWER-GEN Asia 2018 akan menjadi forum terkemuka bertaraf internasional bagi para pelaku industri tenaga listrik Asia. Dilaksanakan dalam waktu 3 hari, acara ini akan diisi oleh diskusi panelis dan para ahli bidang ketenagalistrikan.

Tag : listrik
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top