Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh Himpun Retribusi Rp402,7 Juta Saat Lebaran

Dinas Pendapatan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mencatat retribusi masuk di dua objek wisata yakni Pantai Carocok Painan dan Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh mencapai Rp402,7 juta hingga H+5 Lebaran 2018.
Kawasan wisata Mandeh./Blogspot
Kawasan wisata Mandeh./Blogspot

Bisnis.com, PAINAN—Dinas Pendapatan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, mencatat retribusi masuk di dua objek wisata yakni Pantai Carocok Painan dan Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh mencapai Rp402,7 juta hingga H+5 Lebaran 2018.

"Total tiket yang terjual di dua objek wisata mencapai 80.545 lembar dengan harga per lembar Rp5 ribu, jadi jika ditotal maka retribusi pada kedua objek wisata mencapai Rp402,7 juta," kata Kepala Dinas Pendapatan Kabupaten Pesisir Selatan Dasrianto Putra di Painan, Jumat (22/6/2018).

Ia menyebutkan secara keseluruhan pada 2018 target pendapatan asli daerah di sektor pariwisata sebesar Rp2,5 miliar. sementara sebelum masuknya Lebaran 2018 retribusi objek wisata sudah terkumpul sekitar Rp300 juta.

"Jadi, jika ditotal pendapatan asli daerah sektor pariwisata sudah terkumpul pada kisaran Rp700 juta," ungkapnya.

Ia memperkirakan menjelang berakhirnya libur Lebaran 2018 retribusi di kedua objek wisata akan terus meningkat karena hingga saat ini baik objek wisata Pantai Carocok Painan maupun KWBT Mandeh masih ramai dikunjungi wisatawan.

Selain itu juga terdapat beberapa objek wisata yang dikelola oleh masyarakat namun uang hasil penjualan tiketnya dibagi antara masyarakat dengan pemerintah kabupaten.

Besaran pembagiannya ialah, 10 persen untuk pemerintah dan 90 persen untuk pengelola.

Beberapa objek wisata yang menerapkan hal serupa ialah Objek Wisata Muaro Bantiang, Pulau Karam, Pantai Tan Sridano, Jembatan Akar, Pantai Sago, Pantai Sago dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper