Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Sumut Harapkan Tol MKTT Seksi I Bisa Layani Mudik Lebaran

Pemerintah Provinsi Sumatra Utara menyatakan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) sudah siap untuk menghadapi mudik Lebaran 2018.
Pengendara melintas di proyek jalan tol Medan-Tebing Tinggi, di Serdang Bedagai, Sumatra Utara, Minggu (18/6)./Antara-Irsan Mulyadi
Pengendara melintas di proyek jalan tol Medan-Tebing Tinggi, di Serdang Bedagai, Sumatra Utara, Minggu (18/6)./Antara-Irsan Mulyadi

Bisnis.com, MEDAN -- Pemerintah Provinsi Sumatra Utara menyatakan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) sudah siap untuk menghadapi mudik Lebaran 2018. 

Dalam tinjauan yang dilakukan bersama sejumlah pihak terkait, Gubernur Sumatra Utara (Sumut) T. Erry Nuradi menyebutkan bahwa ruas tol MKTT seksi I yang menghubungkan Tanjung Morawa-Perbarakan telah siap untuk melayani arus mudik Lebaran 2018.

Alhamdulillah, sektor I dari tol Tanjung Morawa sudah selesai. Ini tentu menambah jumlah ruas jalan tol yang sudah selesai yang ada selama ini dan yang paling penting akan bisa mengurai kemacetan di pintu tol Tanjung Morawa,” katanya, Rabu (6/6/2018).

Menurut Erry, masyarakat yang hendak melakukan perjalanan darat dari Medan ke Kualanamu saat ini telah memiliki beberapa pilihan, yakni melalui jalan arteri dan jalan tol, di samping menggunakan kereta api.

Selesainya tol MKTT seksi I diharapkan bisa mengurai kemacetan panjang yang kerap terjadi di pintu masuk tol Tanjung Morawa. Tol ini juga diharapkan dapat memperlancar perjalanan bagi para pemudik yang hendak menuju Tebing.

“Jadi dari informasi yang kami dapatkan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, khususnya dari Tanjung Morawa, akan segera dibuka, tinggal menunggu perizinan, masalah tarif, dan masalah teknis lain. Namun, untuk uji coba menjelang Lebaran ini akan diberikan gratis kepada masyarakat. Paling lama akan dibuka H-7 tapi itu juga tergantung proses perizinan yang terus kami dorong agar segera bisa dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Kalau secara fisik ini kita lihat kan sudah bisa dimanfaatkan,” paparnya.

Sementara itu, untuk seksi VII yang menghubungkan Sei Rampah-Tebing, masih ada tiga bidang tanah seluas 7 kilometer (km) yang saat ini dalam proses konsinyasi. Pembangunan fisik seksi VII untuk lahan yang telah dibebaskan pun masih terus berjalan.

“Mudah-mudahan segera selesai, pembangunannya terus berjalan. fisiknya sudah pengerasan dan insyallah pada akhir tahun ini sudah selesai. Nanti seluruh tol kita itu sudah bisa dimanfaatkan jelang 2019,” tambah Erry.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Teknik an Operasional PT Jasamarga Kualanamu Tol Agus Choliq menyebutkan seluruh kebutuhan yang diperlukan untuk melayani mudik Lebaran 2018 di jalur tol MKTT, termasuk penerangan, telah dipersiapkan.

Tol MKTT seksi I diperkirakan akan mulai difungsikan secara gratis pada H-7 Lebaran. Sementara itu, pengoperasian secara penuh diharapkan bisa dimulai dalam waktu dekat.

“Terakhir, semalam akan dikeluarkan [izin]. Mudah-mudahan Jumat besok. Kalau Jumat bisa keluar, Sabtu atau Minggu ini bisa kami fungsionalkan. Terkait pengenaan tarif, kami tunggu dari kementerian apakah mau fungsionalis 1 atau 2 pekan, kami tunggu,” ungkap Agus.

Ruas tol seksi VII diharapkan sudah rampung pada Oktober 2018 dan bisa digunakan menjelang Tahun Baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper