Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sumbar Pindahkan PKL Kelok Sembilan

Pemprov Sumbar memastikan pemindahan pedagang kaki lima di jembatan layang Kelok Sembilan murni karena alasan keselamatan.
Kelok Sembilan di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat/Antara
Kelok Sembilan di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatra Barat/Antara

Bisnis.com, PAYAKUMBUH - Pemerintah provinsi Sumatra Barat memastikan pemindahan pedagang kaki lima dari jembatan layang Kelok Sembilan murni karena alasan keselamatan.

Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno memastikan hal itu usai melakukan Safari Ramadhan ke Masjid Hidayah, Kelurahan Padang Tinggi, Payakumbuh, Selasa malam (29/5/2018).

"Pemindahan pedagang dari Jembatan Kelok Sembilan demi keselamatan semua, baik pengendara maupun pedagang sendiri," kata Irwan Prayitno.

Kegiatan berdagang di lokasi itu, katanya, selain bisa membahayakan keselamatan juga dapat mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

Ia juga mengatakan menggunakan bahu jalan sebagai tempat berdagang, adalah tindakan melanggar dan tidak sesuai aturan perundang-undangan.

Karena hal itu ia mengimbau agar para pedagang yang ada di jembatan layang saat ini, bisa memahami dan bersedia menempati tempat baru yang disiapkan.

Sebagai tempat pemindahannya, pemerintah menyediakan lokasi bagi para pedagang di Jalan Kelok Sembilan lama.

Mengingat jembatan layang ditargetkan tidak ada lagi pedagang, steril dari pedagang sebelum lebaran.

Saat ditanyai adanya permintaan wakil bupati daerah setempat yang meminta pemindahan pedagang ditunda, Irwan enggan berkomentar.

"Ini demi keselamatan. Jika para pedagang terus dipertahankan di bahu jalan itu, nanti terjadi apa-apa siapa yang mau bertanggungjawab," katanya.

Jika dikumpulkan pada satu tempat, lanjutnya, keselamatan pedagang alan lebih terjamin, dan kegiatan usahanya tetap berjalan.

Diberitakan sebelumnya, persoalan pedagang di jembatan layang tersebut telah terjadi sejak diresmikan pada 2013 dan belum terselesaikan hingga saat ini.

Jumlah pedagang yang berjualan di lokasi itu juga terus bertambah. Terakhir terdata 160 lebih pedagang yang mendirikan lapak menggunakan kayu dan terpal seadanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper