Bulog Riau Kepri Tegaskan HET Beras Medium Rp9.450 per Kg

Bulog Riau Kepri menyatakan pemerintah telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) beras medium senilai Rp9.450 per kilogram, karena itu pedagang beras diminta mengikuti aturan tersebut.
Arif Gunawan | 16 April 2018 17:30 WIB

Bisnis.com, PEKANBARU -- Bulog Riau Kepri menyatakan pemerintah telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) beras medium senilai Rp9.450 per kilogram, karena itu pedagang beras diminta mengikuti aturan tersebut.

Bidang Penjualan Komersial Bulog Riau Kepri Hendra Gunafi mengatakan Bulog telah diberikan penugasan oleh pemerintah sebagai penyalur bahan pangan yang ditetapkan HET oleh Kementerian Perdagangan.

"Salah satunya beras dan ditetapkan beras medium untuk Riau harganya Rp9.450 per kilogram. Kami sudah salurkan mulai Januari," katanya Senin (16/4/2018).

Hendra mengatakan dengan kebijakan ini, diharapkan dapat menekan laju kenaikan harga kebutuhan pokok termasuk beras.

Bulog menurut dia, tidak hanya menyalurkan beras ke pasar-pasar tradisional, tetapi juga disalurkan ke Rumah Pangan Kita (RPK) atau outlet penjualan di bawah koordinasi Bulog.

Di RPK, sejumlah kebutuhan pokok utama dijual kepada masyarakat dengan HET sesuai ketetapan pemerintah.

Misalkan beras medium Rp9.450, gula pasir Rp11.500 per kilogram, minyak goreng Rp12.500 per kilogram, dan daging beku Rp80.000 per kilogram.

"Untuk wilayah Riau Kepri kami sudah punya 1.028 gerai RPK, yang 300 gerai di antaranya ada di Pekanbaru," katanya.

Adapun harga beras di Pekanbaru termasuk salah satu komoditas yang terus mengalami kenaikan harga. Karena itu juga, beras menjadi komoditas penyumbang inflasi terbesar di daerah tersebut.

Tag : bulog, riau
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top