PNM Jambi Gencarkan Pelatihan Dorong Kreativitas Nasabah

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) cabang Jambi mendorong nasabahnya menjadi pengusaha kreatif dan inovatif melalui pembimbingan dan pelatihan.
Peternak ayam, salah satu materi pelatihan yang diberikan PT PNM cabang Jambi./JIBI-Nurul Hidayat
Peternak ayam, salah satu materi pelatihan yang diberikan PT PNM cabang Jambi./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAMBI – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) cabang Jambi mendorong nasabahnya menjadi pengusaha kreatif dan inovatif melalui pembimbingan dan pelatihan.

"Untuk mendorong nasabah menjadi pengusaha kreatif dan inovatif, PNM Jambi memberi pelatihan dalam beberapa tahap. Pada tahap pertama kali ini diberikan pembekalan dasar sebagai pengusaha di bidangnya masing-masing," kata Pimpinan PNM cabang Jambi, Setiya Joko Santosa, Selasa (11/12/2018).

Untuk pelatihan itu ada empat tahap pelatihan yang akan dilaksanakan, dan pada tahap pertama ini ada 60 orang peserta yang merupakan nasabah dan calon nasabah yang mengikuti pelatihan yang dilaksanakan di Muarabulian Kabupaten Batanghari.

Peserta tersebut diberikan pelatihan yang bertemakan 'Menjadi pengusaha yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan peluang pasar'.

Setiya Joka Santosa mengatakan adanya beragam permasalahan sangat berkaitan erat dengan pembinaan dan pendampingan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Kemajuan UMKM sangat ditentukan oleh besar kecilnya peran pendamping di lapangan dan saat ini pendampingan masih sangat dibutuhkan.

PT PNM sebagai BUMN yang mengemban tugas untuk membantu pengembangan UKM berupaya mengintensifkan perannya, baik aktifitas pembiayaan maupun melalui pembinaan.

Khusus untuk pembinaan tengah dilakukan serangkaian kegiatan yang terpadu sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi pelaku UMKM.

Menurut dia, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kompetensi wirausaha mitra ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro) cabang Jambi di era milenial dan memberikan motivasi usaha untuk meningkatkan kinerja mitra ULaMM.

Yang kedua adalah pengembangan pasar, sehingga keberadaan kelompok ini dapat dijadikan sebagai jejaring pemasaran sesama UMK dengan harapan dapat terjalin komunikasi dan hubungan baik antara mitra dan ULaMM.

Kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan untuk konsumen dalam pengembangan loyalitas nasabah ULaMM dengan pola pembinaan melalui pendidikan dan pelatihan, sarana penambahan nasabah baru, serta memasyarakatkan produk andalan dari PT PNM, sebagai BUMN yang memiliki kekhususan tersendiri dalam menjalin kemitraan terhadap nasabah ULaMM.

Pelatihan menghadirkan narasumber pengusaha muda kreatif Jambi, Reza Nugroho, yang berpengalaman pada beberapa sektor usaha dan saat ini menekuni usaha tanaman hidroponik dan ternak ayam kampung organik.

Program pengembangan kapasitas usaha melalui pelatihan dan pendampingan kepada Nasabah ULaMM cabang Jambi merupakan salah satu realisasi program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang diperuntukan bagi UMKM. PNM tidak hanya memberikan pembiayaan usaha namun juga disertai dengan pendampingan dan jasa manajemen, kata Setiya Joko Santoso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper