Banjir Ganggu Produksi dan Distribusi, Pengusaha Riau Tuntut Pemda Bertindak Cepat

Kalangan pengusaha di Provinsi Riau meminta pemda setempat  untuk sigap mengatasi bencana banjir yang terjadi beberapa hari terakhir.
Kantor Gubernur Riau/Istimewa
Kantor Gubernur Riau/Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU - Kalangan pengusaha di Provinsi Riau meminta pemda setempat  untuk sigap mengatasi bencana banjir yang terjadi beberapa hari terakhir.

Ketua Apindo Riau Wijatmoko Rah Trisno mengatakan saat ini sejumlah wilayah kabupaten dan kota daerah itu sudah terkena dampak banjir.

"Memang saat ini beberapa kabupaten dan kota di Riau sudah mengalami banjir seperti Kampar, Pekanbaru, Rokan Hilir, Rokan Hulu dan lainnya. Pemda harus sigap mengatasi banjir ini karena kalau tidak akan berdampak pada aktivitas bisnis," katanya Selasa (11/12/2018).

Wijatmoko menjelaskan kondisi banjir yang perlu juga diantisipasi pemda yaitu putusnya jalur darat ke wilayah tetangga yaitu Provinsi Sumatra Barat.

Daerah itu menurut dia, sangat penting untuk Riau, karena pasokan beras dan sejumlah bahan pangan strategis berasal dari daerah itu.

Untuk saat ini, memang pihaknya belum menghitung kerugian yang diderita pelaku bisnis karena bencana banjir yang terjadi.

"Sampai sekarang belum dihitung karena banjir yang cukup besar masih berjalan seminggu, kalau ini terus berlanjut dan tidak teratasi kami kira kerugian akan semakin besar karena kegiatan bisnis dan distribusi bahan makanan akan terganggu," katanya.

Sementara itu Ketua Asita Riau Dede Firmansyah mengatakan untuk kunjungan wisata ke daerah itu, sepertinya akan berpengaruh khususnya ke objek wisata dan jalan penghubungnya yang terendam banjir.

Dia mencontohkan misalnya kunjungan ke Komplek Masjid Islamic Center Rokan Hulu, akan turun bila jalur darat ke kawasan itu terputus akibat banjir. Demikian juga jalan penghubung ke Istana Siak.

Menurut Dede, Banjir yang terjadi di Sumatra Barat saat ini akan berdampak pada turunnya kunjungan ke wilayah Rokan Hulu dan Pekanbaru, bila sampai akhir pekan ini tidak diselesaikan oleh pemerintah.

"Karena biasanya orang Sumbar itu datang ke Islamic Center Rohul dan berlanjut ke Pasar Bawah Pekanbaru itu di akhir pekan, tentu kalau masih banjir akan turun kunjungannya weekend besok," katanya.

Sementara itu Kepala BPBD Riau Edwar Sanger mengatakan pihaknya sudah berupaya melakukan aksi tanggap bencana banjir, serta didukung langkah yang sama oleh BPBD kabupaten dan kota.

"Penanganan banjir sampai saat ini terus berjalan, tidak hanya dari BPBD provinsi tapi juga kabupaten dan kota sudah jalan," katanya.

Dari data BPBD Riau saat ini sejumlah penanganan banjir telah dilakukan di Kabupaten Kampar, Pekanbaru, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis serta Indragiri Hilir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper