Tol Trans Sumatra: Palembang—Lampung Terhubung Juni 2019

Pemerintah memastikan Jalan Tol Trans Sumatra dapat menghubungkan Palembang hingga Lampung pada Juni 2019 untuk memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan antar provinsi tersebut.
Pemandangan foto udara di salah satu ruas jalan tol lintas Sumatra, di Desa Sukarame, Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Rabu (1/11)./JIBI-Abdullah Azzam
Pemandangan foto udara di salah satu ruas jalan tol lintas Sumatra, di Desa Sukarame, Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Rabu (1/11)./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, PALEMBANG – Pemerintah memastikan Jalan Tol Trans Sumatra dapat menghubungkan Palembang hingga Lampung pada Juni 2019 untuk memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan antar provinsi tersebut.
 
Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) V Ki Agus Syaiful Anwar mengatakan nantinya tol Trans Sumatra bakal terintegrasi mulai dari ruas Bakauheni—Terbanggi Besar di Lampung dan berlanjut ke Pematang Panggang—Kayu Agung—Palembang.
 
“Ruas-ruas tersebut selesai Juni 2019. Bahkan, kemarin, Presiden minta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menyelesaikannya pada April 2019,” ungkapnya, baru-baru ini.
 
Syaiful menerangkan kehadiran Tol Trans Sumatra bisa memangkas jarak hingga 48 kilometer (km). Dengan demikian waktu tempuh Palembang—Lampung yang semula 7-8 jam bisa dipangkas menjadi 4 jam—5 jam.
 
Kepastian integrasi jalan tol Palembang-Lampung juga disampaikan PT Hutama Karya (Persero) selaku pemrakarsa proyek Trans Sumatra. Manager Proyek Hutama Karya (HK) Hasan Turcahyo menuturkan pihaknya tengah merampungkan konstruksi ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 85 km.
 
“Targetnya, ruas tersebut selesai Juni 2019 sehingga bisa langsung tersambung dengan ruas tol di Lampung,” ucapnya, Selasa (12/11/2018).
 
Total panjang jalan tol Trans Sumatra mencapai 810 km, terdiri atas Pematang Panggang—Kayu Agung, Kayu Agung—Palembang—Betung, Tempino—Jambi, dan Palembang—Indralaya. Kemudian, dari Indralaya jalan tol berlanjut ke Indralaya—Muara Enim, Muara Enim—Lubuk Linggau, dan menuju Lubuk Linggau—Bengkulu.
 
“Ada juga ruas Palembang–Tanjung Api-Api yang masuk dalam Trans Sumatra. Jadi, kami menggarap 698 km ruas tol Trans Sumatra di Sumatra Selatan (Sumsel) dan 112 km sisanya digarap oleh PT Sriwijaya Makmur Persada,” lanjut Hasan.
 
Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan pihaknya ingin penyelesaian jalan tol Palembang—Lampung bisa dipercepat pada April 2019 sesuai harapan Presiden Joko Widodo.
 
“Pada April 2019 mudah-mudahan selesai, jadi ke Lampung  dari Palembang bisa 4 jam. Ini Sumsel luar biasa, sudah dapat Light Rail Transit (LRT) dan jalan tol dikerjakan dengan cepat,” paparnya saat berkunjung ke Palembang, beberapa waktu lalu.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper