Gubernur Wan Thamrin Fokus Kawal APBD Riau

Setelah dilantik sebagai Plt Gubernur Riau pada 24 September 2018 lalu untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Arsyadjuliandi Rachman, akhirnya Wan Thamrin Hasyim dilantik sebagai gubernur definitif Provinsi Riau oleh Presiden Joko Widodo, Senin (10/12/2018) sampai akhir periode jabatan 2014-2019 yaitu Februari mendatang.
Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim (duduk tengah)/Bisnis-Arif Gunawan
Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim (duduk tengah)/Bisnis-Arif Gunawan

Bisnis.com, PEKANBARU -- Setelah dilantik sebagai Plt Gubernur Riau pada 24 September 2018 lalu untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Arsyadjuliandi Rachman, akhirnya Wan Thamrin Hasyim dilantik sebagai gubernur definitif Provinsi Riau oleh Presiden Joko Widodo, Senin (10/12/2018) sampai akhir periode jabatan 2014-2019 yaitu Februari mendatang.

Rentang masa kepemimpinannya sebagai orang nomor satu di Riau yang tidak lama, memang menjadi sorotan di tengah harapan berbagai pihak akan pembangunan daerah berjulukan Bumi Lancang Kuning tersebut.

Sebelum dilantik secara resmi, Wan Thamrin mengaku akan tetap mengawal jalannya pemerintahan di daerah itu sebaik mungkin, salah satunya mendorong pengesahan APBD 2019 tepat waktu.

"Berangsur-angsur matahari sudah bersinar, Insya Allah Riau akan semakin berjaya kedepan. Saya siapkan kado untuk Pak Syamsuar pemimpin Riau kedepan," katanya baru-baru ini.

Kado yang dimaksud Wan Thamrin yaitu upaya pemprov mendorong pengesahan APBD 2019 tepat waktu, dengan nilai anggaran mencapai Rp9,1 triliun, yang lebih tinggi dari prediksi awal sekitar Rp8 triliun.

Wan Thamrin Hasyim yang pernah menjabat sebagai Bupati Rokan Hilir pada 2001-2006 silam memang termasuk pejabat karir yang sudah bertugas lama di Provinsi Riau. 

Sejumlah posisi strategis pernah dipegangnya sejak bergabung menjadi pegawai pada 1974 silam, yaitu sebagai Kepala Dispenda Kepri mulai 1987, Bappeda Kepri 1995, Kepala Biro Ekonomi Riau 1997, Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Riau 1998, hingga Plt Bupati Rokan Hilir mulai 2000 sampai dilantik menjadi Bupati Rohil periode 2001-2006. Wan Thamrin kembali masuk ke jajaran pemda Riau sejak menjadi Wakil Gubernur pada 2017 silam.

Tidak hanya kado soal anggaran tahun depan, di tahun ini yang merupakan masa menjelang berakhirnya kepemimpinan Wan Thamrin, pemprov sudah menyiapkan berbagai program kerja di berbagai bidang seperti memacu rencana pelaksanaan layanan embarkasi haji antara di Riau.

Program embarkasi haji ini dibuat pemprov, supaya masyarakat di daerah itu tidak perlu lagi menginap dan mengeluarkan uang lebih untuk berangkat ke Tanah Suci dari embarkasi haji Batam.

Diyakini pihaknya, dengan membuka embarkasi haji antara dan menyusul embarkasi haji penuh, masyarakat Riau yang akan pergi haji bisa berhemat, dan tentu saja memberi kemudahan untuk orang tua tanpa harus membongkar barang bawaan saat di Batam dan memuatnya lagi sebelum ke Mekkah.

Salah satu pendorong realisasi program ini juga datang dari PT Angkasa Pura II (Persero), melalui pengelola Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, yang sudah resmi mengoperasikan runway atau landasan pacu sepanjang 2.600 meter, dari sebelumnya sepanjang 2.250 meter.

Di bidang infrastruktur, di luar program dari pemerintah pusat seperti jalan tol Pekanbaru-Dumai, Pekanbaru-Padang dan jalur kereta api yang terus menunjukkan progres, tahun ini Riau punya sejumlah proyek mercusuar yang dibiayai APBD murni 2018 seperti pembangunan gedung Mapolda Riau, gedung Kejati Riau, dua jembatan layang, melanjutkan pembangunan jembatan Siak IV. 

Untuk program pembangunan ini, memang menjadi sorotan berbagai pihak, seperti pelaku usaha dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Association of The Indonesia Tour and Travel Agencies (Asita) Riau.

Kedua asosiasi pengusaha ini, menyoroti pentingnya pengawasan pemda, agar pembangunan berbagai proyek infrastruktur itu dapat berjalan sesuai target.

Ketua Apindo Riau Wijatmoko Rah Trisno mengatakan soal pembangunan Siak IV dan dua flyover, seharusnya dapat tuntas tahun ini, karena sudah dianggarkan pemda.

"Seharusnya selesai, karena sudah ada anggarannya dan itu clear, dan itu juga sudah dijanjikan Pak Andi [gubernur sebelumnya]," katanya.

Dia berharap dengan kepemimpinan Wan Thamrin, pemprov Riau dapat menjalankan tugas dengan baik, serta rencana pembangunan yang tengah berjalan bisa tercapai sesuai harapan semua pihak.

Harapan senada juga disampaikan Ketua Asita Riau Dede Firmansyah. Menurut dia dengan infrastruktur penunjang, tentu saja industri pariwisata akan tumbuh dengan baik dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah.

"Proyek flyover, jembatan Siak IV, runway bandara itu semua sangat berdampak pada sektor pariwisata. Akses masyarakat di Ibu Kota Riau ini menjadi lebih mudah, tentu jumlah tamu yang berkunjung akan semakin meningkat," katanya.

Sebelum tiba di Pekanbaru, menurut Dede tentu diperlukan tambahan jadwal penerbangan dan fasilitas pendukung di gerbang udara, supaya akses tamu semakin mudah untuk datang ke Kota Bertuah.

Dengan adanya penambahan panjang runway, pesawat berbadan lebar akan segera dapat terbang dan mendarat dari Pekanbaru, dan tentu saja akan menambah jadwal penerbangan dari kota-kota lain di dalam negeri dan luar negeri.

Banyaknya harapan dari berbagai pihak ini, membuat Wan Thamrin semakin bertekad menuntaskan masa jabatannya dua bulan kedepan. "Maaf, saya terharu.

Mungkin Inilah yang saya bisa bantu menjelang akhir masa jabatan ini. Mungkin nanti, kita tak merasakan [hasil program kerja] tapi anak cucu kitalah yang merasakannya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper