Kemenpar Minta BP Batam Jadikan Singapura sebagai Target Utama

Kementerian Pariwisata meminta Badan Pengusahaan Batam serius menjadikan masyarakat Singapura sebagai pangsa pasar utama sektor pariwisata untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Batam.
Patung Merlion di Marina Bay, Singapura/Wikimedia Commons
Patung Merlion di Marina Bay, Singapura/Wikimedia Commons

Bisnis.com, BATAM – Kementerian Pariwisata meminta Badan Pengusahaan Batam serius menjadikan masyarakat Singapura sebagai pangsa pasar utama sektor pariwisata untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kota Batam.

Esthy Reko Astuti, Ketua Calendar of Event Kementerian Pariwisata, mengatakan Batam merupakan daerah yang ideal untuk menjadi hub dengan Singapura. Letak geografis itu juga menjadikan Batam sangat menarik bagi wisatawan mancanegara yang  tinggal di Singapura.

“Proximity atau kedekatan adalah salah satu faktor penting untuk kegiatan pariwisata. Makanya, Singapura menjadi target market yang sangat ideal bagi kegiatan pariwisata di Batam,” katanya, Minggu (9/12/2018).

Esthy menuturkan banyaknya warga negara asing yang tinggal dan bekerja di Singapura juga menjadi salah satu keuntungan Batam. Apalagi, Kementerian Pariwisata mencatat 70% wisatawan asal Singapura masuk melalui Kepulauan Riau.

Menurutnya, masyarakat Singapura memang menggiurkan untuk sektor pariwisata karena setidaknya ada 12 juta penumpang yang masuk melalui Bandara di Singapura.

Dari 12 juta penumpang tersebut 32% berasal dari negara-negara Asean minus Indonesia, 22% dari China dan Hong Kong, 17% dari negara-negara Asia Pasifik, dan 14% dari Asia Tengah, serta 15% sisanya dari negara-negara di Afrika, Eropa dan Australia.

“Wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia dan transit di Bandara Singapura saja 700.000 orang. Artinya, peluang untuk menarik wisatawan mancanegara yang melalui Singapura itu masih terbuka dan bisa diboyong ke Kepri,” ujarnya.

Esthy juga menyampaikan pihaknya tidak menjadikan Singapura sebagai pesaing, tetapi mitra agar dapat mengalirkan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Lukita Dinarsyah Tuwo, Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, sebelumnya mengatakan pihaknya menargetkan Batam menjadi pusat destinasi pariwisata bagi wisatawan mancanegara.

Hal itu dilakukan dengan menempatkan pariwisata sebagai prioritas yang memberikan multiplier effect kepada peningkatan perekonomian daerah tersebut.

“Kami meyakini kegiatan-kegiatan strategis di Batam merupakan strategi promosi investasi yang menjadi stimulus agar terbukanya pintu gerbang peningkatan jumlah wisatawan asing ke Batam,” katanya, Minggu (9/12/2018).

Lukita menuturkan berbagai agenda internasional yang  dirancang  BP Batam juga merupakan bagian dari inovasi untuk ikut mewujudkan target 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019 yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper