Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tiket Pesawat Picu Inflasi Gorontalo

Kelompok pengeluaran transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan yang diwakili oleh angkutan udara menjadi kontributor terbesar terhadap inflasi Gorontalo pada November yang tercatat sebesar 0,23%, meningkat tipis dari inflasi pada Oktober sebesar 0,15%.
Ilustrasi bandara/Paulus Tandi Bone
Ilustrasi bandara/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MANADO—Kelompok pengeluaran transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan yang diwakili oleh angkutan udara menjadi kontributor terbesar terhadap inflasi Gorontalo pada November yang tercatat sebesar 0,23%, meningkat tipis dari inflasi pada Oktober sebesar 0,15%.

Berdasarkan Data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo, inflasi Kota Gorontalo terjadi karena adanya kenaikan di semua kelompok pengeluaran, yaitu kelompok transpor, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,89% , kelompok sandang sebesar 0,55%, kelompok kesehatan sebesar 0,12%.

Selanjutnya, kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar mengalami kenaikan sebesar 0,07%, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,04%, kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga sebesar 0,02%, serta kelompok bahan makanan sebesar 0,01%.

“Pada November 2018 kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan memberikan sumbangan inflasi sebesar 0,1652% . Komoditas yang memberikan andil kenaikan/inflasi terbesar adalah angkutan udara sebesar 0,1439 persen,” seperti dikutip dari berita resmi statistik, Selasa (04/12).

Selain itu, kelompok sandang juga menyumbang inflasi sebesar 0,027% pada November. Komoditas yang memberikan sumbangan inflasi terbesar adalah emas perhiasan sebesar 0,0056 persen.

Adapun, laju inflasi Gorontalo sepanjang Januari hingga Novembersebesar 1,57% dan laju inflasi “year on year” (November 2018 terhadap November 2017) sebesar 2,36 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler