Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Tomat dan Tiket Pesawat Picu Inflasi Sulut 1,84 Persen

Meningkatnya harga makanan terutama tomat sayur dan angkutan udara di Manado turut membuat inflasi pada November melonjak menjadi 1,84%, jauh melebihi inflasi nasional pada bulan tersebut yang hanya 0,27%.
Tomat/Antara-Wahdi Septiawan
Tomat/Antara-Wahdi Septiawan

Bisnis.com, MANADO— Meningkatnya harga makanan terutama tomat sayur dan angkutan udara di Manado turut membuat inflasi pada November melonjak menjadi 1,84%, jauh melebihi inflasi nasional pada bulan tersebut yang hanya 0,27%.

Tingkat inflasi tersebut juga menjadi yang tertinggi se-Sulawesi, di mana kota lainnya seperti Palu mencatatkan inflasi 0,83%, Bau-Bau 0,43%, Bulukumba 041%, Makassar hanya 0,3%. Sejumlah kota lainnya seperti Mamuju mengalami deflasi 0,07% dan Pare-Pare 0,09%.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara Ateng Hartono menjelaskan, dengan inflasi sebesar 1,84% pada November membuat inflasi tahun kalender sebesar 3,03%, dan inflasi year on year sebesar 3,55%.

“Dari inflasi sekitar 1.84% , sebesar 1.61% atau hampir seluruhnya dari kelompok bahan makanan. Selain bahan makanan, penyumbang terbesar kedua adalah transportasi dan komunikasi,” ujarnya Senin (3/12/2018).

Lebih lanjut dia memerinci, tomat sayur menjadi komoditas bahan makanan yang menyumbang inflasi paling besar hingga 1,5%, disusul dengan angkutan udara 0,2%, cabai rawit 0,12%, bawang merah 0,03%, lemon 0,02%, cabai merah 0,018%. Selanjutnya, komoditas yang juga menyumbang inflasi Manado shampoo 0,017%, bensin 0,01%, dan ikan tindarung 0,008%.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Utara Soekowardojo menyatakan, pihaknya telah memproyeksikan kenaikan inflasi pada November. Menurutnya, peningkatan harga pangan disebabkan beberapa hal, antara lain kembali normalnya harga tomat setelah sempat terjadi penurunan tajam pada bulan lalu. 

“Selain itu juga ada gangguan hujan. Diharapkan pada Desember harga tomat sayur kembali normal,” ujarnya.

Mengenai tarif angkutan udara, dia menilai hal tersebut telah menjadi permasalahan nasional. Guna mengantisipasi volatilitas harga angkutan udara ke depannya, pihaknya tengah mengusulkan penyempitan batas atas dan bawah, dan juga meminta pembukaan pemasok avtur tambahan sehingga mengurangi monopoli.

“Diharapkan desember inflasi lebih terkendali sehingga inflasi tahun 2018 masih di dalam batas sasaran 3,5+/- 1%,” jelasnya.

Untuk menjaga inflasi pada level tersebut, dia menyatakan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) akan terus memantau harga secara ketat dan melakukan tindakan yang dianggap perlu untuk mengendalikan harga, terutama pada kelompok bahan makanan serta kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan.

Selain itu, TPID Sulut juga melakukan rapat teknis dalam mempersiapkan pengendalian inflasi jelang Natal dan Tahun Baru. Di lain sisi, pihaknya juga siap melakukan Operasi Pasar Bulog dan Pasar Murah bersama DIsperindag untuk menjaga keterjangkauan harga bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper