Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riau Baru Bisa Penuhi 50 Persen Kebutuhan Beras Warganya

Riau baru mampu memenuhi kebutuhan beras sebesar 50 persen akibat alih fungsi lahan yang masif dan menyebabkan terus defisit pasokan beras.
Ilustrasi aktivitas pedagang beras./Bisnis-Arief Rahman
Ilustrasi aktivitas pedagang beras./Bisnis-Arief Rahman

Bisnis.com, PEKANBARU – Koordinator Program Studi Magister Ilmu Pertanian Universtas Riau, Wawan, mengatakan daerah ini baru mampu memenuhi kebutuhan beras sebesar 50 persen akibat alih fungsi lahan yang masif dan menyebabkan Riau terus defisit pasokan beras.

"Alih fungsi lahan di Riau ke perkebunan sawit sudah terjadi selama 10 tahun terakhir. Jika dibandingkan dulu, sekarang lahan pertanian di Riau sangat sedikit dan fakta ini cukup mengherankan," kata Wawan di Pekanbaru, Kamis (29/11/2018).

Menurut dia, seharusnya ini tidak perlu terjadi karena secara geografis Riau punya lahan basah atau low land yang tersebar mulai dari Kabupaten Rokan Hilir sampai Indragiri Hilir yang sangat baik untuk pengembangan pangan terutama padi.

"Berdasarkan kondisi geografis masifnya alihfungsi lahan di Riau tersebut, cukup aneh jika kita hanya mampu menutupi separuh dari kebutuhan beras provinsi," kata Wawan.

Hasil produksi beras di Riau hanya mampu memenuhi sekitar 50 persen dari kebutuhan masyarakat Riau. Wawan menjelaskan bahwa keanehan tersebut ditimbulkan karena budaya masyarakat Riau yang memang lebih suka perkebunan terutama kelapa dan sawit dibandingkan dengan pertanian.

"Masyarakat Melayu memang punya budaya perkebunan kelapa berbeda dengan daerah Jawa yang memang punya budaya bertanam padi di samping masalah agribisnis," kata Wawan.

Permasalahan agribisnis seperti murahnya harga beras di pasaran tersebut juga menjadi penyebab petani Riau enggan menanam padi dan beralih ke sawit.

Namun, beberapa tahun terakhir sebagian masyarakat Riau justru kembali mengalihfungsikan lahan sawit mereka ke tanaman padi dan hortikultura, karena ternyata padi dan cabe lebih menguntungkan jika dihitung-hitung.

Keinginan masyarakat Riau kembali bertanam padi justru menjadi sebuah fenomena baru, disaat orang berbondong-bondong mengonversi lahan mereka ke tanaman sawit, tapi contohnya kini justru di Desa Langsat Permai, Kecamatan Bunga Raya, Kabupaten Siak, Riau, mereka sudah kembali ke sawah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper