Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangladesh Tawarkan Kawasan Ekonomi Khusus untuk Pengusaha Indonesia

Duta Besar RI untuk Bangladesh Rina P Soemarno menuturkan, bahwa Pemerintah Bangladesh menawarkan fasilitas kawasan ekonomi khusus kepada para investor Indonesia untuk mendirikan pabrik atau pergudangan di negara tersebut.
Bendera Bangladesh/Istimewa
Bendera Bangladesh/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA  - Duta Besar RI untuk Bangladesh Rina P Soemarno menuturkan, bahwa Pemerintah Bangladesh menawarkan fasilitas kawasan ekonomi khusus kepada para investor Indonesia untuk mendirikan pabrik atau pergudangan di negara tersebut.

"Bangladesh berupaya menciptakan iklim berbisnis yang cukup mudah untuk berinvestasi. Mereka menawari pengusaha Indonesia untuk mendirikan semacam 'export processing zone'," ujar ina di Dhaka, Selasa (20/11/2018).

Kawasan ekonomi khusus (KEK) adalah area di mana peraturan bisnis dan perdagangan berbeda dari negara lain.

KEK terletak di dalam perbatasan nasional suatu negara dengan beberapa tujuan, meliputi peningkatan perdagangan, peningkatan investasi, penciptaan lapangan kerja dan administrasi yang efektif.

Kawasan ekonomi khusus menjadi fasilitas yang diberikan pemerintah Bangladesh kepada para investor asing untuk dapat mendirikan pabrik atau pergudangan.

 Fasilitas investasi tersebut menawarkan insentif untuk bisnis yang berorientasi pada ekspor.

 "Bangladesh mau memposisikan diri sebagai hub (pusat kegiatan), tetapi konektivitas mereka masih kurang. Mereka tidak punya 'deep-sea port'. Mereka menawari investor asing, kalau mendirikan pabrik di Bangladesh, akan lebih mudah meningkatkan ekspor," ucap Rina.

Dia menyebut bahwa sejauh ini sudah ada investor dari beberapa negara yang memanfaatkan fasilitas investasi KEK di Bangladesh, antara lain Singapura dan Korea Selatan.

Rina menilai bahwa Indonesia pun dapat meningkatkan volume perdagangan dengan Bangladesh dengan memanfaatkan fasilitas KEK  tersebut.

Indonesia menduduki urutan ke-5 dari 15 negara mitra dagang utama Bangladesh. Selama beberapa tahun terakhir nilai perdagangan bilateral Indonesia-Bangladesh terus meningkat, dengan surplus untuk Indonesia.

Volume perdagangan Indonesia-Bangladesh memberikan surplus di atas 80% bagi Indonesia. Bangladesh merupakan negara penyumbang surplus ke-7 terbesar bagi Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper