Ilustrasi pengecekan kadar gula darah terhadap penderita diabetes melitus/Reuters
Health

Penyakit Tak Menular Dominasi Masalah Kesehatan di Indonesia

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Senin, 12 November 2018 - 11:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek menyampaikan bahwa saat ini Indonesia sedang menghadapi masa transisi epidemiologi.

Nila menjelaskan transisi epidemiologi adalah perubahan masalah kesehatan dari  penyakit menular sekarang lebih disebabkan penyakit tidak menular.

"Terkait dengan penyakit, kita menghadapi tiga beban penyakit. Beban penyakit yang diukur dari tahun yang hilang akibat kematian dini, telah bergeser dari penyakit menular ke arah penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung, gagal ginjal, diabetes, kanker, dan sebagainya," tutur Nila dalam sambutannya pada acara puncak Hari Kesehatan Nasional, di Lapangan Kantor Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (12/11/2018).

 Nila juga menyampaikan bahwa muncul ancaman penyakit infeksi baru, seperti flu burung, ebola, TB resisten obat, dan lain-lain.

"Di sisi lainnya lagi, kita juga masih dihadapkan pada masalah penyakit menular yang belum selesai, seperti Demam Berdarah, TB, Malaria, H lV/Al DS, Filariasis, Kecacingan, dan lain-lain," ungkapnya.

Untuk itu, Nila berharap agar seluruh jajaran kesehatan baik di level pusat sampai daerah menyadari bahwa tantangan kesehatan pada masa depan akan semakin berat, semakin luas, dan semakin kompleks.

"Untuk itu, saya meminta kepada jajaran kesehatan dan juga lintas sektor untuk mempergunakan data dan informasi pendataan Keluarga Sehat menjadi dasar intervensi baik di sektor kesehatan maupun lintas sektor dalam rangka menyelesaikan permasalahan kesehatan secara tuntas di tingkat keluarga," pintanya.

Hari Kesehatan Nasional jatuh pada hari ini, 12 November 2018 mengusung tema 'Aku Cinta Sehat', dengan subtema 'Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita'.

Tema tersebut sejalan dengan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program lndonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (P|S-PK), yang menekankan pada upaya promotif dan preventif sebagai pendekatan pembangunan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro