Addie MS Pimpin 5.000 Penyanyi di Batam Nyanyikan Lagu Kebangsaan

Oleh: Sarma Haratua Siregar 10 November 2018 | 17:27 WIB
Addie MS Pimpin 5.000 Penyanyi di Batam Nyanyikan Lagu Kebangsaan
Konduktor dan komposer Addie MS bersama Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo saat menggelar jumpa pers \\\'Nyanyian untuk Negeri, dari Batam untuk Indonesia\\\'.JIBI/BISNIS-Sarma Haratua Siregar

Bisnis.com, BATAM – Konduktor Addie MS akan memimpin 5.000 penyanyi paduan suara untuk menyanyikan lagu kebangsaan di Batam. Kegiatan bertajuk 'Nyanyian untuk Negeri, Dari Batam untuk Indonesia' ini digelar untuk memperingati Hari Pahlawan , Sabtu (10/11/2018).

Addie MS mengungkatkan adanya kesamaan visi antara dirinya dengan BP Batam dan Komunitas Wanita Cinta NKRI (Kowan) sebagai penyelenggara kegiatan tersebut. Pentingnya membangkitkan semangat nasionalisme bagi generasi muda bangsa menjadi alasan kuat yang harus diperjuangkan.

Ada 5 lagu yang akan dinyanyikan oleh lima  ribu penyanyi paduan suara di Batam, di antaranya Indonesia Raya, Mars Pancasila, Rayuan Pulau Kelapa, Syukur dan Berkibarlah Benderaku.

“Saya terharu ketika diminta memimpin menyanyikan lagu-lagu perjuangan di Batam. Saya tidak neyangka permintaan itu datang dari Batam,” ujar Addie MS.

Di era teknologi informasi yang kian maju, lagu-lagu nasional dan perjuangan semakin tidak populer di kalangan generasi muda. Generasi Muda Indonesia lebih akrab dengan aliran informasi, termasuk mengenai budaya dan musik yang berasal dari luar negeri.

Padahal, menurutnya, lagu-lagu perjuangan menyadarkan generasi muda bahwa kemerdekaan yang dinikmati saat ini adalah hasil perjuangan dan kerja keras para pahlawan dan pendahulu. Jika tidak disadarkan, dia khawatir ke depan akan ada pemikiran bahwa apa yang dicapai saat ini adalah tanpa perjuangan.

“Seolah-olah dari dulu memang kita semerdeka ini. Padahal, kemerdekaan ini dicapai dengan amat susah payah,” jelasnya.

Addie  mengapresiasi upaya Batam untuk menyadarkan kembali perjuangan melalui nyanian lagu perjuangan. Dia percaya, menyanyikan lagu-lagu perjuangan ini bisa  megingatkan generasi muda mengenang dan menghargai jasa para pahlawan, dan untuk memanfaatkan kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya.

“Yang kita harapkan, kegiatan ini tidak hanya dinikmati orang Batam. Tapi, diharapkan bisa viral, sehingga semangat cinta Tanah Air itu menjalar kemana-mana,” jelasnya.

Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan, Batam ingin menyampaikan pesan persatuan melalui lagu-lagu perjuangan kepada Indonesia. Batam dengan karakteristik budaya heterogen ingin menunjukan bahwa karakterisitik yang unit itu bisa menjadi kekuatan.

“Berbagai etnis dari seluruh Indonesia tinggal di Batam dengan nyaman dan aman. Itu yang ingin ditunjukan kepada Indonesia, dengan menyanyikan lagu perjuangan dengan harmonis,” jelasnya.

“Kegiatan ini akan dibroadcast langsung melalui sejumlah media pendukung, dehingga bisa disaksikan oleh seluruh warga Indonesia dimanapun mereka berada,” jelasnya.

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya